Wapres AS Kamala Harris akan Bahas Aksi China pada Taiwan di Jepang

oleh -6 views

Porostimur.com, Tokyo – Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris diperkirakan akan membahas aksi China terhadap Taiwan dalam pidatonya dihadapan pelaut AS di Jepang. Kunjungan Harris ke Asia dilakukan beberapa hari setelah Presiden Joe Biden berjanji akan membela Taiwan.

“Ia akan membahas ancaman pada ketertiban internasional berbasis peraturan dan bagaimana ia melihatnya termasuk provokasi baru-baru ini di seluruh Selat Taiwan,” kata pejabat senior AS yang menolak disebutkan namanya, Selasa (27/9/2022).

“Ia akan membahas itu dan apa yang lakukan memukul mundur upaya provokasi dan membela peraturan dan norma internasional yang telah memandu kawasan ini,” tambahnya.

Harris akan berpidato selama kunjungannya ke fasilitas Angkatan Laut AS terbesar di luar negeri di Yokosuka, dekat Tokyo. Pangkalan itu dihuni 24 ribu anggota militer dan pekerja sipil serta markas kapal induk USS Ronald Reagan yang saat ini sedang di Korea Selatan untuk mengikuti latihan gabungan.

Harris juga dijadwalkan berkunjung ke perbatasan Korsel-Korea Utara atau demilitarized zone (DMZ) di Semenanjung Korea.

China menganggap Taiwan salah satu provinsinya. Sudah lama Beijing hendak membawa kembali pulau itu di bawah kekuasaannya dan tidak mengesampingkan kemungkinan menggunakan kekuatan untuk melakukan itu. Pemerintah Taiwan menolak keras klaim kedaulatan China.

Taipei selalu menegaskan hanya rakyat Taiwan yang dapat memutuskan pulau yang dikelola dengan demokratis tersebut. China menggelar latihan militer terbesarnya di Taiwan setelah ketua House of Representative Nancy Pelosi berkunjung ke Taiwan pada bulan Agustus lalu. 

(red/republika)