Warga Desa Tabobo Blokade Jalan Menuju Pelabuhan NHM di Tanjung Barnabas

oleh -201 views
Link Banner

Porostimur.com | Malifilut: Masyarakat Lingkar Tambang Desa Tabobo, Kecamatan Malifut, Kabupten Halmahera Utara, menutup akses jalan dari dan menuju Pelabuhan Tanjung Barnabas pada Senin,”6/01/2020.

Aksi blokade jalan tersebut menyebabkan aktivitas PT Nusa Halmahera Minerals mengalami gangguan.

Masa aksi meminta pihak PT NHM agar memberikan sanksi kepada pihak PT Aden yang belum mencairkan tunggakan ke UD Jufri selama enam bulan dengan nilai sebesar Rp.700.000.000.

Pemilik UD Jufri menjelaskan, terkait dengan aksi blokade jalan menuju Pelabuhan Barnabas ini dilakukan karena warga protes dengan sikap PT Aden.

“Ini karena dari pihak PT Aden dan UD Jufri bekerjasama untuk menangani suply bahan makanan dan minuman, namun pihak PT Aden tidak menjalankan kewajibannya,” kata Jufri selalu pemilik usaha.

Baca Juga  Mudik gratis dilakukan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Maluku

Menurut warga, kontrak tersebut berdurasi tujuh bulan, dan di bulan pertama semuanya lancar. Namun masuk bulan kedua hingga kini pihak PT Aden belum melakukan pembayaran.

Aksi protes ini berlangsung selama satu jam, sebelum akhirnya pihak NHM melakukan mediasi antara kedua belah pihak, dengan menghadirkan manajer PT Aden dan UD Jufri di lokasi aksi dan meminta kepada masyarakat Desa Tabobo’ dan Pemilik UD Jufri agar bersabar serta mengikuti prosedur yang ada.

“Menejer’ PT Aden” Pak Tom berjanji akan akan membayar tunggakan selama enam bulan pada 30 Januari 2020 nanti. Dengan kesepakatan ini Pihak PT Aden megeluarkan surat kertas hitam di atas putih dan materai,” tukas Jufri. (red/adhy)