Warga Falabisahaya Antusias Sambut Kedatangan Tim Teknis Pemekaran Kabupaten Mangoli Raya

oleh -71 views

Porostimur.com, Sanana – Warga Desa Falabisahaya, Kecamatan Mangoli Utara, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, nampak antusias menyambut kedatangan Tim Teknis Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB), Mangoli Raya

Pantauan jurnalis Porostimur.com, Senin, (11/12/2023), ribuan warga nampak memenuhi pelabuhan dan jalanan di Desa Falabisahaya saat tim teknis dan rombongan pejabat pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula tiba.

Diarak ribuan warga, tim teknis dan rombongan menuju Kekantor Desa Falabisahaya, dan langsung menggelar rapat kajian bersama pemerintah kecamatan dan seluruh kepala desa se-Kecamatan Mangoli Utara, beserta warga setempat.

Sementara itu, Ketua Tim Pemekaran DOB, Mangoli Raya Prof. Dr. Muhadam Labolo dalam sambutannya, menyatakan, Mangoli Raya akan segera menjadi kabupaten, setelah adanya pembukaan moratorium oleh Presiden terpilih 2024.

“Di Kemendagri saat ini, berkas pemakaran daerah otonom baru menumpuk. Sekitar 330 lebih daerah dari Sabang sampai Merauke belum bisa dimekarkan karena moratorium belum dibuka,” ungkap Muhadam Labolo.

“InsyaAllah ,semoga pemerintah pusat segera membuka moratorium dalam waktu dekat, agar Mangoli Raya bisa dimekarkan bersama dengan 330 lebih daerah yang saat ini belum dimekarkan,” sambungnya.

Muhadam Labolo bilang, tugas tim teknis saat ini, adalah melengkapi naskah akademik yang dulu sudah dimasukkan oleh pemerintah daerah ke Mendagri sejak tahun 2008, tetapi masih menggunakan instrumen yang lama.

Menurut dia, saat ini sudah ada peraturan baru mengunakan PP No 78 tahu 2007, untuk itu, pemerintah dalam hal ini, Kemendagri meminta untuk menyempurnakan naskah akademik tersebut.

Baca Juga  Suara Tak Sesuai Target, Caleg ini Tarik Kembali Bantuan Paving Block dari Warga

“Sehingga kami diminta oleh Pemda Kapsul untuk menyusun dokumen baru sesuai dengan PP 78 tahun 2007 tentang penataan Daerah. Jadi dalam dua hari ini, kami akan mengumpulkan dokumen dan sebulan kedepa kami menyerahkan dokumen kepada Kemendagri, melalui pemerintah daerah, supaya tinggal menunggu moratium dibuka Mangoli Raya lansung dimekarkan menjadi daerah otonom baru,” ujar Muhadam.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Sula Muhammad Saleh Marasabessy, mengatakan, pemekaran Pulau Mangoli sebagai DOB adalah sebagian dari visi-misi pemerintah Kepulauan Sula saat mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sula.

“Saya dan Bupati Hj. Fifian Adiningsih Mus tidak tinggal diam. Sebab pemekaran Pulau Mangoli ini telah masuk dalam visi dan misi kami saat mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Bahwa segala hal pun kami persiapkan,” kata wakil bupati.

Baca Juga  Bongkar Rekayasa Pilpres 2024, BEM DIY: Kecurangan Pemilu Terstruktur dan Sistematis

Marassabessy juga mengajak warga agar memberi dukungan terhadap pemerintah daerah dalam mengupayakan pemekaran Pulau Mangoli.

“Sehingga, tiga pulau yang ada di Sula ini bisa mengelola APBD-nya sendiri dan sama-sama merasakan bahagia, itu yang selalu kami ingat pada saat berjuang, dan semoga yang kami inginkan bisa terlaksana dengan baik,” pungkas Saleh. (Jamil Gaus)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.