1.159 Peserta MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku Sudah Tiba di Saumlaki

oleh -73 views
Link Banner

Porostimur.com, Saulmaki – Sebanyak 1.159 peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXIX tingkat Provinsi Malukudari 11 kabupaten dan kota di Provinsi Maluku telah tiba di Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Ketua Panitia pelaksana MTQ XXIX tingkat Provinsi Maluku, Pastor Simon Petrus Matruty mengatakan, ajang tersebut dibuka secara resmi pada malam ini. MTQ Provinsi Maluku berlangsung pada 18-23 Maret 2022.

Dia menuturkan, jenis mata lomba yang akan dipertandingkan pada MTQ tingkat Provinsi Maluku di Saumlaki ini merupakan Tilawah tingkat anak, remaja dan dewasa. Tartil qu’ran, Hifzil 1 juz dan 10 juz, Hifzil 5 juz dan 20 juz, Hifzil 30 juz dan Tafzir Qur’an, Fahmil Qur”an, Syahril Qur’an, Khat Qur’an, dan Karya ilmiah Al-Qur’an (M2IQ).

Baca Juga  Pandora Papers

Semua kontingen, kata dia telah ditempatkan di tempat-tempat yang sudah tersedia yakni di mess unio Projo (mess para pastor), mess para pendeta, penginapan Ratulel, penginapan Harapan indah, rumah susun Bomaki, Mess Pemda di belakang kantor Bupati.

Selain itu, panitia juga menyiapkan semua hotel di Saumlaki untuk tamu VVIP, VIP dan tamu biasa. Kemudian, tempat penginapan yang baru dibangun juga disiapkan untuk pimpinan-pimpinan SKPD di 11 kabupaten kota.

“Kami beriktikad bahwa dalam kerja keras bersama panitia dan Pemkab serta semua elemen masyarakat di daerah ini, kita mau menjadi tuan dan nyonya di bumi Duan Lolat ini untuk saudara saudari kita yang datang mengikuti kegiatan ini,” ujar Simon Petrus yang juga sebagai Wakil Uskup wilayah Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya ini, Jumat (18/3/2022).

Baca Juga  Ditreskrimsus Polda Maluku Serahkan Tersangka Kasus Perbankan ke Kejari Ambon

Dia bilang, terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan LPTQ provinsi Maluku dan berbagai pihak sehingga ada banyak perkembangan yang sudah terlaksana.

“Kita punya tekad selain yang unik tadi, ada lima sukses yang harus kita peroleh yaitu sukses perencanaan, sukses partisipasi dari semua elemen masyarakat, sukses pelaksanaan, sukses prestasi yakni memperoleh juara umum dan sukses pertanggungjawaban,” katanya.

Menurutnya, dalam menyambut pelaksanaan kegiatan ini, semua elemen masyarakat dari berbagai lintas agama berpartisipasi membersihkan lingkungan mereka, fasilitas umum dan sebagainya.

Salah satu bentuk aksi nyata yang dilakukan, yaitu adanya program kalesang kampung. Dalam program ini, setiap lingkungan mempersiapkan kebersihan lingkungan, memasang umbul-umbul, membuat gapura selamat datang dan miniatur masjid serta gereja dan rumah ibadah lainnya sebagai gambaran toleransi umat beragama.

Baca Juga  DPD NasDem Kepulauan Sula Lapor Hendrata Thes dan Haji Umar Umabaihi ke Bawaslu

“Kami bahagia karena semua komponen masyarakat sudah membantu dengan caranya masing-masing. Ini karena budaya orang Tanimbar yang mau mempersembahkan yang terbaik bagi saudara-saudaranya,” katanya. (Akib/i-news)

No More Posts Available.

No more pages to load.