10 Kabupaten/Kota dengan Rerata Vaksinasi Tertinggi di Maluku

oleh -8 views

Porostimur.com, Ambon – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat ada empat kabupaten/kota dengan rerata vaksinasi mingguan di atas rata-rata di Maluku yang saat ini tercatat 216,62 dosis data per Sabtu, 23 April 2022.

Rerata vaksinasi tiga kabupaten/kota teratas dengan angka di atas 0 dosis adalah Maluku Tengah, Maluku Tenggara dan Maluku Barat Daya dengan masing-masing nilai 538 dosis, 247 dosis dan 239 dosis.

Maluku Tengah mencatatkan rerata vaksinasi mingguan tertinggi di Maluku dengan vaksinasi 538 dosis. Adapun pemakaian vaksin sampai dengan kemarin tercatat 242,83 ribu dosis. Dalam rekapitulasi data dashboard nasional, pencapaian vaksinasi lengkap di wilayah ini telah mencapai 33,74 persen.

Menurut Kementerian Kesehatan, stok vaksin yang tersedia di kabupaten ini akan segera habis dalam 144 hari ke depan. Sisa hari pemakaian ini diperhitungkan dari sisa stok yang tercatat tinggal 78.006 dosis dan penggunaan vaksin seminggu terakhir yang tertinggi di Maluku.

Berikutnya Maluku Tenggara yang mencatatkan rerata vaksinasi mingguan 247 dosis lebih kecil dibandingkan pekan lalu. Maluku Tenggara berada di urutan kedua.

Dengan rerata penggunaan vaksin tersebut, stok vaksin di wilayah ini akan mencukupi untuk 26 hari ke depan. Adapun jumlah stok vaksin yang tersisa saat ini sebanyak 6.450 dosis.

Di urutan selanjutnya adalah Maluku Barat Daya dengan rerata vaksinasi mingguan 239 dosis kini untuk cakupan vaksinasi lengkap telah mencapai 47,92 persen, Seram Bagian Barat dengan vaksinasi 220 dosis dan capaian vaksinasi lengkap sebesar 23,02% dan rerata vaksinasi mingguan di Kepulauan Aru 195 dosis dan capaian vaksinasi lengkap sebesar 48,92%.

Wilayah di luar Jawa dengan nilai rerata vaksinasi tertinggi beberapa di antaranya adalah Simalungun, Rokan Hulu dan Lampung Tengah dengan masing-masing rerata vaksinasi yakni 7.506 dosis, 6.305 dosis dan 6.083 dosis.

Meski penularan Covid-19 di sebagian wilayah telah turun, pemerintah mengimbau agar semua orang ikut mengurangi transmisi Covid-19 dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, serta sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Tak berkerumun dan mengurangi mobilitas turut berkontribusi menekan laju penularan virus corona.

(red/katadata.co.id)

No More Posts Available.

No more pages to load.