2 Pantai di Kepulauan Maluku yang Tawarkan Sensasi Berjalan di Tengah Laut

oleh -114 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dianugerahi kekayaan alam yang indah tiada tara, Kepulauan Maluku yang membentang dari Morotai hinggq Kisar menawarkan banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari pegunungan, pantai, laut, hingga deretan pulau-pulaunya, ada banyak hal yang bisa kamu temukan.

Bahkan, tak sedikit dari beberapa destinasi wisata tersebut juga memiliki fenomena unik yang membuat wisatawan penasaran. Salah satunya adalah fenomena pasir timbul yang bisa kamu temukan di berapa pantai di kepulauan ini.

Pasir timbul menjadi unik, karena hanya dapat kamu nikmati saat air laut sedang surut. Ketika air laut surut, kamu akan menemukan pasir putih cantik yang menyembul ke permukaan seolah-olah membentuk pulau tersendiri. Pulau dari pasir ini kemudian akan lenyap ketika air laut pasang.

Berikut dua pantai dengan fenomena pasir timbul di kepulauan Maluku yang tawarkan sensasi bagai berjalan di tengah laut. Di mana saja? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Pulau Dodola

Baca Juga  AKBP Hery Budianto Resmi Menjabat sebagai Kapolresta Pulau Ambon Dan Pp. Lease

Bagi kamu yang menyukai pantai, Morotai wajib masuk dalam wishlist destinasi wisata yang harus dikunjungi. Dari puluhan pulau di Morotai, ada satu pulau indah yang sayang untuk dilewatkan.

Adalah Pulau Dodola, pulau ini enggak cuma indah tapi juga punya pesona pasir timbulnya yang unik.

Keindahan pulau Dodola akan terlihat saat air laut sedang surut. Saat itu kamu akan melihat ada pasir timbul yang membentuk jalan dari pulau Dodola Besar dan pulau Dodola Kecil. Bila matahari sudah naik ke atas dan air laut sudah benar-benar surut, pemandangan pasir putih akan terbentang luas di depan mata.

Baca Juga  Sehari diresmikan, JPO Tantui masih sepi pengguna

Pasir timbul sepanjang 500 meter ini bisa kamu nikmati dari pukul 10.00 WIT sampai pukul 19.00 WIT. Kamu juga bisa berenang di sana karena di bagian pinggir pulaunya cukup dangkal. Dengan pesona keindahan tersebut, tak heran jika pulau Dodola ini menjadi destinasi ikonik pulau Morotai.

Untuk melihatnya dengan mata kepala sendiri kamu bisa berangkat dari Ternate kemudian menumpang pesawat menuju Morotai, setelah itu menyewa perahu hingga ke Pulau Dodola.

2. Pantai Ngurtafur

Fenomena unik pasir timbul juga bisa kamu temukan di Pantau Ngurtafur. Bagi kamu yang liburan ke Maluku Tenggara, tak ada salahnya untuk mengunjungi pantai cantik tersebut.

Baca Juga  BMKG: Waspadai Cuaca Buruk Dua Hari ke Depan, Termasuk di Malut

Fenomena pasir timbul yang terjadi saat air surut memang dapat ditemui di beberapa tempat di Indonesia, tidak terkecuali di Pantai Ngurtafur. Tapi tak tanggung-tanggung, pasir timbul atau yang dikenal Pulau Gosong ini bisa memanjang hingga 2 km di Pantai Ngurtafur.

Tak hanya itu, pasir timbul dengan pasir putihnya yang berkelok-kelok ini pun membuat rasa penasaran wisatawan.

Atas keunikannya tersebut, tidak sedikit traveler yang datang dan berjalan di atas pasir timbul hingga ke tengah laut. Sejauh mata memandang, kamu hanya akan melihat pasir putih serta laut yang jernih. Tentu merupakan pengalaman yang luar biasa.

Pantai Ngurtafur berada di Pulau Warbal yang masuk ke dalam Kepulauan Kei di Maluku Tenggara.

Tentu dibutuhkan waktu yang lumayan untuk mencapainya. Namun, sesampainya di Pantai Ngurtafur kamu tentu tak akan kecewa dengan pesona yang dimilikinya. (red/rtl/