5 Film Bertema Rasisme Ini Ajarkan Pentingnya Toleransi, Harus Nonton!

oleh -35 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kasus rasisme nampaknya tak ada habisnya, seperti yang baru-baru ini terjadi terhadap mahasiswa asal Papua. Menyadarkan orang lain agar tidak berperilaku rasis bukanlah hal yang mudah, semua itu harus dimulai dengan kesadaran diri sendiri.

Karena hal itu, coba deh kamu tonton lima film bertema rasis dibawah ini. Filmnya akan mengajarkanmu betapa pentingnya menghargai orang lain dan bersikap toleransi.

1. The Hate U Give

The Hate U Give merupakan film adaptasi novel karya Angie Thomas. Film yang dirilis tahun 2018 ini dibintangi oleh Amandla Stenberg, Regina Hall, Russell Hornsby dan juga KJ Apa.

Bercerita tentang Star, seorang siswa SMA yang kehilangan sahabatnya, Khalil, karena meninggal dunia ditembak oleh polisi didepan matanya sendiri. Kejadian tersebut membuat Star mendapat tekanan dari berbagai komunitas, ia pun mulai membuka suara dan membela apa yang benar.

Link Banner

2. Green Book

Green Book merupakan film yang berlatar pada tahun 1960an, dimana banyaknya orang berkulit putih yang memandang rendah orang berkulit hitam di Amerika Serikat. Film biografi ini menceritakan Tony Lip (Mortensen), seorang penjaga yang kerap berperilaku rasis disewa untuk menjadi supir Dr. Don Shirley (Ali), pianis kulit hitam kelas dunia untuk tur konsernya.

Baca Juga  Update Covid-19 Maluku: 201 Kasus Positif, 8 Wafat, 35 Pasien Sembuh

Dalam perjalanannya, Tony Lip pun kemudian mulai menyadari betapa tidak mudahnya menjadi Dr. Don Shirley (Ali), sekalipun ia pianis kelas dunia.

3. Detroit

Sama seperti Green BookDetroit ini juga berlatar tahun 1960an tepatnya pada tahun 1967 dimana terjadi kerusuhan berdarah di Detroit. Film berdasarkan fakta ini dirilis pada tahun 2017 untuk memperingati insiden Motel Algiers yang ke 50 tahun.

Bercerita tentang sejumlah polisi yang kerap menaruh rasa curiga terhadap orang berkulit hitam. Hal itu pun mengakibatkan terjadinya insiden fatal.

4. The Butler

The Butler merupakan film drama sejarah Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2013. Film ini berdasarkan kisah Eugene Allen, seorang kepala pelayan yang telah bekerja selama lebih dari 30 tahun di Gedung Putih sampai ia pensiun pada tahun 1986.

Baca Juga  GP-Ansor dan PMII Halbar Bagi Sembako untuk Lansia

Dibintangi oleh Forest Whitaker yang berperan sebagai Cecil Gaines. Film ini juga menampilkan peristiwa besar lainnya yang memengaruhi kehidupan, keluarga, dan masyarakat Amerika.

5. Crash

Film yang dirilis pada tahun 2004 ini juga tak boleh kamu lewatkan. Selain menampilkan cerita yang menarik dan penuh pesan moral, film ini juga dibintangi banyak aktor populer, seperti Don Cheadle, Sandra Bullock, Thandie Newton, Karina Arroyave dan masih banyak lagi.

Film bergenre drama kriminal thriller ini menceritakan warga Los Angeles dengan kehidupan yang sangat terpisah dan bertabrakan karena berasal dari berbagai ras yang berbeda. Meskipun mempunyai kisahnya masing-masing, namun kisahnya itu tetap memiliki keterkaitannya satu sama lain.

Baca Juga  BNPB Gali Sejarah Tsunami 80 Meter yang Melanda Ambon Tahun 1674

Itulah lima film bertema rasis yang dapat mengajarkanmu pentingnya toleransi. Deretan film di atas juga mengajarkan kita bahwa rasisme bisa terjadi bukan hanya karena kebencian, melainkan ketidakpedulian dan kesalahpahaman.

(red/IDNtimes)