5 SUV Penerjang Banjir, Cocok Buat Blusukan di Musim Hujan

oleh -17 views
Link Banner

Porostimur.com – Jakarta: Musim hujan telah tiba. Curah hujan yang tinggi sering kali menjadikan beberapa ruas jalan di Indonesia terendam banjir. Dalam kondisi seperti ini dibutuhkan mobil yang mampu menerjang banjir.

Nah, berikut 5 mobil yang cocok buat melibas banjir. Sebagian besar mobil-mobil ini berjenis sport utility vehicle (SUV). Apa saja, ya?

1. Mitsubishi Pajero

5 SUV Penerjang Banjir
Dok. IDN Times

Mitsubishi Pajero ini memiliki dimensi yang cukup besar, yaitu 4.695 mm x 1.815 mm serta ground clearance 215 mm. Inilah salah satu alasan mengapa mobil ini tahan akan banjir.

Selain itu, mobil tersebut dilengkapi dengan pelek ring 17 dan dibalut ban berukuran 265/65 yang akan memberikan cengkraman maksimal saat melewati banjir.

2. Toyota Fortuner

5 SUV Penerjang Banjir
IDN Times/Dwi Agustiar

Mobil satu ini memiliki bodi yang hampir mirip dengan Pajero. Dengan dimensi yang besar serta ground clearance yang tinggi, sudah tidak diragukan lagi ketangguhan mobil yang satu ini.

Baca Juga  Rapper asal Ambon Mr. E Siap Rilis Single Baru

Bagaimana tidak, mobil ini memang sengaja didesain untuk melewati off road maupun on road. Kalau hanya banjir saja, pasti bisa dilewati mobil ini. Keren bukan?

3. Nissan Xtrail

5 SUV Penerjang Banjir
IDN Times/Vanny El Rahman

Selain Mitsubishi dan Toyota, Nissan juga mempunyai mobil yang bisa diajak melibas banjir, yaitu Xtrail. Mobil bergenre SUV ini selain memiliki ground clearance yang tinggi juga dibekali suspensi yang dikenal sangat nyaman. Sehingga kamu bisa melibas banjir tanpa was-was.

4. Toyota Rush

5 SUV Penerjang Banjir
toyota.astra.co.id

Sama Fortuner, Toyota juga punya mobil lain yang bisa diajak menerjang banjir, yaitu Rush. Mobil ini memiliki jarak pijak ke tanah yang cukup tinggi, yakni 200 mm.

Selain itu mobil ini juga dilengkapi Macpherson Strut with Coil Spring & Stabilizer dan 4 Link with Coil Spring & Lateral Rod handling yang mempermudah handling saat melewati wilayah banjir.

Baca Juga  Kapolres Bitung: Tidak Ada Ruang Sedikitpun untuk Pelaku Kejahatan Jalanan

5. Suzuki Ignis

5 SUV Penerjang Banjir
suzuki.co.id/

Walaupun terlihat kecil, Suzuki Ignis ini memiliki ground clearance cukup tinggi di kelasnya, yaitu 180 mm atau 18 cm. Mobil ini lebih tinggi daripada city car pada umumnya lho, yang biasanya memiliki ground clearance sekitar 150-165 mm. 

Bukan itu saja, Ignis juga meletakkan air intake atau lubang udara ke mesin di posisi yang cukup tinggi, 700 mm atau 70 cm. Catatan ini, seharusnya cukup untuk menjamin Ignis aman digunakan menerjang banjir dengan kedalaman tak lebih dari 70 cm.

(red/idn-times)

No More Posts Available.

No more pages to load.