Wapres Ma’ruf Amin Resmi Buka Peparnas XVI 2021 Papua

oleh -19 views
Sejumlah penari membawakan tarian kolosal saat Upacara Pembukaan Peparnas Papua di Stadion Mandala Jayapura, Papua, Jumat (5/11/2021). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Link Banner

Porostimur.com – Jayapura: Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin secara resmi meresmikan Pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2021, dalam upacara pembukaan yang dilaksanakan di Stadion Mandala, Jayapura, Jum’at (5/11/2021) malam.

“Peparnas Papua resmi saya buka,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Tak lama terdengar kemilau kembang api serta petasan menandai Pembukaan Peparnas XVI.

Kata Wapres, kegiatan ini adalah ajang untuk mendobrak batas diri dan berjuang sebagai pemenang. Menurutnya, Peparnas ini bukan sekedar kompetisi olahraga. Tapi pembuktian adanya semangat kesetaraan bagi semua kalangan masyarakat.

“Mari kita rakayakan kesetaraan ini dalam semangat persaudaraan sesama anak bangsa sesuai dengan semboyan ‘sehati mencapai tujuan ciptakan prestasi’,” kata Ma’ruf Amin.

Baca Juga  Sembuh dari COVID-19, Paulo Dybala: Saya Jauh Lebih Baik

Ajang ini juga pembuktian komitmen pemerintah memberikan perlakuan sama bagi setiap warga negara.

Kata Wapres, Presiden Joko Widodo meminta dirinya membuka Peparnas. Dan nantinya presiden sendiri yang akan menutupnya.

“Pada PON lalu, presiden yang membuka dan saya yang menutupnya. Ini sebaliknya, saya yang membuka, nanti presiden yang menutupnya. Ini baru terjadi di Tanah Papua,” kata Wapres.

“Papua memang hebat,” tegasnya.

Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 resmi dibuka pada hari ini mulai pukul 19:00 WIT di Stadion Mandala, Jayapura dan mengusung tema “Cahaya dari Timur Papua”.

Hadir deretan musisi papan atas seperti Anggun, Nowela Mikhelia, dan dan Edo Kondologit. Selain itu artis lokal yang terlibat di antaranya Kaonak, Manggorap, Nogei, Shine of Black, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku.

Baca Juga  Ingin Jadi Kota Musik Dunia, Suphanburi-Thailand Belajar dari Kota Ambon

Pembukaan Peparnas juga menghadirkan beragam tarian tradisional dari berbagai daerah, termasuk Papua sebagai tuan rumah

(red/beritasatu)