Amuk Massa di Yahukimo 6 Orang Tewas dan Sejumlah Bangunan Dibakar

oleh -556 views
Link Banner

Poroatimur.com – Yahukimo: Amuk massa Distrik Dekai, Yahukimo, Jayapura, Papua, menewaskan beberapa orang warga dan sejumlah bangunan dibakar, Minggu (3/10/2021). Saat ini, total ada enam orang tewas.

Informasi yang diterima MNC Media, jenazah keenam orang tersebut saat ini disemayamkan di RS Yahukimo. Salah satunya adalah pelaku.

Sedangkan warga yang mengalami luka saat ini ada 41 orang. Mereka mendapatkan perawatan di RS Yahukimo

Amuk massa terjadi setelah beredarnya kabar Mantan Bupati Yahukimo sekaligus Ketua DPW Partai PAN Papua, Abock Busup, meninggal.

Untuk menghindari serangan susulan dari Suku Kimyal, masyarakat sekitar 1.000 orang mengamankan diri di Polres Yahukimo. Mereka terdiri dari bapak-bapak, ibu-ibu dan anak anak.

Baca Juga  DPD Pospera Maluku Polisikan Jubir Menteri BUMN, Arya Sinulingga

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan pasca aksi tersebut, Polres Yahukimo berhasil mengamankan 52 orang yang diduga sebagai pelaku. Saat ini ke 52 orang tersebut dalam pemeriksaan intensif Penyidik Polres Yahukimo.

“Aksi penyerangan tersebut terjadi terkait berita duka yang di terima oleh masyarakat Suku Kimyal atas meninggalnya mantan Bupati Yahukimo Abock Busup M.A.,” tandasnya.

Diketahui Mantan Bupati Yahukimo Abock Busup ditemukan meninggal dunia di dalam kamar hotelnya di kawasan Jakarta, Minggu (3/10/2021) pagi

Berdasarkan informasi, dirinya didapati dalam kondisi kaku dengan kondisi sudah tidak bernyawa oleh petugas hotel ketika membuka paksa pintu kamar yang ditinggali Abcok Busup.

Kabar meninggalnya Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Papua, Abock Busup di Jakarta, Minggu (3/10/2021) dengan cepat beredar melalui pesan singkat.

Baca Juga  Jadwal Pelaksanaan STQ di Kepulauan Sula Bergeser

Mantan Bupati Yahukimo periode 2016 hingga 2021 itu dikabarkan meninggal dalam kondisi terbujur kaku di dalam kamar hotel yang ia tempati.

Kabar ini pun dibenarkan sahabatnya yang juga bekerja membantu dokumentasi tugas-tugas almarhum semasa hidupnya, Nunung Kusmiaty kepada Tribun-Papua.com, Minggu (3/10/2021) siang.

“Iya benar, bapak meninggal di Jakarta. Kami kaget dan tak percaya kepergiannya,” kata Nunung lewat telewicara.

Dia menyebut, Abock Busup selama ini tidak mempunyai riwayat sakit serius, dan selalu ceria baik dalam kerja partai mau pun kesehariannya.

“Pintu kamarnya diketok dan didobrak gak dijawab, lalu setelah dibuka petugas hotel, bapak ditemukan terbujur kaku,” jelasnya.

Sementara, kunjungan Abock Busup ke Jakarta untuk urusan internal partai. Abock dalam kunjungannya didampingi sejumlah pengurus DPW PAN Papua.

Baca Juga  TNI-Polri di Maluku Utara Lakukan Serbuan Vaksinasi Nasional

Hanya, belum diketahui penyebab utama meninggal politisi asal partai berlambang Matahari Terbit ini. Termasuk juga belum diketahui kapan jenazah dibawa pulang ke Jayapura.

“Anggota masih urus bapak di Jakarta. Kita doakan secepatnya selesai semua dengan lancar,” ucap Nunung, bersedih.

Hingga berita ini ditayangkan, kondisi keamanan di Dekai, Kabupaten Yahukimo mencekam.

Masyarakat yang tak terima kepergian Abock Busup secara mendadak melakukan pembakaran sejumlah rumah. Asap membumbung tinggi hingga membuat masyarakat pendatang ketakutan.

(red/sindonews)