Anies, Perubahan, dan Kekuatan Modal Jutaan Rakyat

oleh -59 views

Oleh: Dr. Syahganda Nainggolan, Pendiri Sabang Merauke Circle

Anies telah menyampaikan kesulitan dukungan pembiayaan ke publik. Alasannya banyak pengusaha yang bertemu dengannya mengeluh karena setelah pertemuan, pengusaha itu diperiksa pajaknya. Ketakutan diciptakan untuk melumpuhkan logistik Anies.

Bisa jadi kekuatan lawan Anies yang sedang berkuasa melakukan segala cara dan segala instrumen untuk menakut-nakuti. Atau bisa juga pengusaha tersebut tidak tertarik mendukung Anies lalu mencari alasan untuk menghindar.

Hari ini fakta mengejutkan terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan. Satu juta massa berkumpul mendukung Anies-Muhaimin. Dukungan itu ditunjukkan dengan kehadiran mereka jalan santai bersama AMIN (Anies-Gus Imin). Tamsil Linrung, penanggung jawab acara, menjelaskan bahwa acara ini lebih berbasis partisipasi rakyat ketimbang dukungan logistik orang-orang kaya. Artinya, tanpa andalan berarti sumbangan cukong atau oligarki, rakyat telah bergerak mendukung arus perubahan yang diusung AMIN.

Baca Juga  Terima Sertipikat Wakaf, Warga Tanjung Hulu, Pontianak Timur Tak Lagi Khawatir Kehilangan Masjid

Anies dan Gus Imin adalah simbol rakyat jelata. Mereka mewakili kepentingan kaum miskin NU, Muhammdiyah dan Islam lainnya. Secara keseluruhan mewakili semua rakyat miskin. Dalam simbolik itu tentu persoalan logistik bukan menjadi persoalan utama. Justru dukungan logistik dari orang-orang kaya harus dibatasi oleh AMIN, sehingga ruang partisipasi rakyat miskin tidak tergerus.

No More Posts Available.

No more pages to load.