AS Ajukan Resolusi DK PBB Serukan Gencatan Senjata di Gaza

oleh -18 views
Foto ilustrasi: Rapat DK PBB (DW News)

Porostimur.com, New York – Pemerintah Amerika Serikat akan membawa draf resolusi PBB yang menyerukan gencatan senjata segera di Gaza dan kesepakatan penyanderaan Israel-Hamas ke Dewan Keamanan (DK) PBB. Voting DK PBB atas draf resolusi tersebut akan dilakukan pada Jumat (22/3) pagi waktu setempat.

Versi terbaru dari rancangan resolusi tersebut, yang dilihat oleh Reuters, menyatakan “gencatan senjata segera dan berkelanjutan” yang berlangsung sekitar enam minggu akan melindungi warga sipil dan memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan.

Dilansir kantor berita Reuters dan Al Arabiya, Jumat (22/3/2024), resolusi tersebut “dengan tegas mendukung upaya diplomatik internasional yang sedang berlangsung untuk menjamin gencatan senjata sehubungan dengan pembebasan semua sandera yang tersisa,” demikian bunyi resolusi tersebut, mengacu pada pembicaraan yang sedang berlangsung, yang ditengahi oleh Amerika Serikat, Mesir dan Qatar.

Baca Juga  Gunung Ruang Erupsi, Lion Air Batalkan Penerbangan Dari dan Ke Manado

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengungkapkan kepada Al Arabiya, bahwa AS telah mengajukan draf resolusi DK PBB yang menyerukan gencatan senjata dalam perang antara Israel dan Hamas.

Link Banner

“Kami sebenarnya memiliki resolusi yang kami ajukan saat ini di hadapan Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera terkait dengan pembebasan sandera, dan kami sangat berharap negara-negara akan mendukungnya,” kata Blinken ketika ditanya tentang apa yang dilakukan AS untuk menekan Israel. “Saya pikir hal itu akan mengirimkan pesan yang kuat, sinyal yang kuat,” imbuhnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.