Inggris dan Australia Kompak Serukan Penghentian Segera Pertempuran di Gaza

oleh -14 views
Kerusakan di Gaza akibat serangan Israel (Foto: AP/Leo Correa)

Porostimur.com, Adelaide – Pemerintah Inggris dan Australia kompak menyatakan perlunya “penghentian segera pertempuran” di Gaza. Hal ini disampaikan pada Jumat (22/3) seiring tekanan diplomatik meningkat terhadap Israel untuk mempertimbangkan kembali rencana serangan darat di kota Rafah.

Dilansir kantor berita AFP, Jumat (22/3/2024), dalam sebuah pernyataan bersama usai pembicaraan di Adelaide, Australia, menteri luar negeri dan menteri pertahanan Australia dan Inggris menekankan “pentingnya penghentian segera pertempuran di Gaza agar bantuan dapat mengalir dan sandera dapat dibebaskan”.

Seruan tersebut disampaikan hanya beberapa jam sebelum Amerika Serikat akan mengajukan resolusi ke Dewan Keamanan PBB yang akan menekankan perlunya “gencatan senjata segera”.

Washington selama berbulan-bulan telah memveto seruan untuk mengeluarkan resolusi yang mencakup “gencatan senjata segera”, untuk melindungi sekutu terdekatnya di Timur Tengah, Israel, dari kritik PBB saat mereka membalas serangan Hamas 7 Oktober.

Link Banner

Namun, ada kekhawatiran di Washington mengenai jumlah korban jiwa dalam serangan Israel di Gaza yang telah berlangsung selama lima bulan dan dampak politik di Timur Tengah.

Baca Juga  DPRD Maluku Bakal Surati Mendagri, Minta Anulir Pelantikan Pejabat oleh Murad Ismail

Operasi Israel tersebut telah membuat marah dunia Arab dan merenggut hampir 32.000 nyawa, menurut kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas tersebut.

No More Posts Available.

No more pages to load.