Badan Geologi Kementerian ESDM Susun Pemodelan Lahar Gunung Ibu

oleh -8 views
Kolom abu vulkanik yang terbentuk akibat aktivitas erupsi Gunung Ibu di Maluku Utara, Rabu (15/5/2024). Foto: PVMBG.

Porostimur.com, Jakarta – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menyusun pemodelan lahar Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara. Hal ini dilakukan untuk mengetahui jangkauan dan sebaran lahar bila terjadi banjir lahar pada gunung api berstatus awas tersebut.

“Kami ingin masyarakat ini waspada terhadap potensi aliran lahar yang terjadi di Gunung Ibu. Sehingga dapat mengantisipasi dampaknya,” kata Ketua Tim Gunung Api dari PVMBG Heruningtyas Desi Purnamasari, melansir rri.co.id, Sabtu (15/6/2024). 

Menurutnya, Gunung Ibu memiliki endapan material hasil letusan yang cukup tebal. Sehingga, kondisi tersebut sangat berbahaya ketika terjadi hujan lebat.

Sementara itu, untuk pemodelan ini dilakukan dari hulu sungai mengarah ke semua aliran sungai yang ada di Gunung Ibu. Sehingga, memodelkan berdasarkan data  elevasi dari Digital Elevation Model Nasional (Demnas).

Baca Juga  Pastikan Kesiapan PIN Polio, Penjabat Wali Kota Ambon Kunjungi Sejumlah Puskesmas

“Itu juga dilakukan berdasarkan kondisi terkini. Sesuai dengan survei lokasi yang ada di lapangan,” ujarnya.

Terkait aliran lahar ini, pihaknya memantau sungai-sungai yang berpotensi dialiri lahar. Selain itu, pihaknya juga memantau aliran ini dapat berpotensi mengalir ke area penduduk.

No More Posts Available.

No more pages to load.