Benarkah Gaji ASN Naik Rp9 Juta Tahun Depan? Ini Jawaban Kemenkeu

oleh -37 views

Porostimur.com | Jakarta: Wacana gaji ASN naik Rp9 juta hingga Rp10 juta tahun depan mendapat tanggapan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Rahayu Puspasari mengatakan masih mengkaji wacana kenaikan gaji PNS pada 2021.

“Saat ini masih dalam tahap pengkajian interdep dengan mempertimbangkan banyak aspek, diantaranya termasuk dampaknya terhadap keuangan negara jangka pendek dan jangka panjang,” kata Rahayu, dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu (29/12).

Rahayu mengatakan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 sudah disahkan menjadi Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2020.

Link Banner

Dengan begitu, kata Rahayau, pelaksanaan APBN tahun depan akan mengikuti ketentuan yang sudah diatur dalam beleid tersebut.

“Dalam UU (APBN) tersebut dinyatakan bahwa pemerintah masih fokus pada penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi,” kata Rahayu.

Baca Juga  Kei Besar Masuk Kategori Rawan Pangan Tertinggi, Ini Harapan Pj. Bupati Malra

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, selama menjabat sebagai Menteri PAN-RB, salah satu urusan yang dia kaji adalah soal kesejahteraan ASN atau PNS.

Tjahjo mengatakan gaji ASN akan naik tahun depan. Gaji ASN naik Rp9 juta hingga Rp10 juta.

“Tunjangan ASN kita tingkatkan maksimal. Jadi ASN paling rendah minimal Rp 9 juta sampai Rp 10 juta,” tuturnya.