Benarkah Sosok ‘Jaka’ di Film Gie adalah Samaran Cosmas Batubara?

oleh -591 views
Link Banner

[carousel_slide id=’11594′]

Dalam film Gie, ada sosok pemuda bernama ‘Jaka’. Benarkah dia merupakan gambaran Cosmas Batubara saat masih muda?

@porostimur.com | Jakarta: Satu di antara tokoh Indonesia di zaman Orde Baru, Cosmas Batubara, baru saja meninggal dunia beberapa hari lalu.

Cosmas Batubara pernah menjabat Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Perumahan Rakyat saat Soeharto menjadi Presiden RI.

Link Banner

Sosok Cosma menarik ditelusuri kiprahnya, karena awalnya merupakan aktivis mahasiswa.

Ada catatan menarik tentang pria kelahiran Simalungun, 19 September 1938 ini dalam film ‘Soe Hok Gie’ garapan sutradara kondang Riri Riza.

Dalam film yang diangkat dari buku ‘Catatan Seorang Demonstran’ itu, disebut-sebut kemunculan tokoh Cosmas Batubara disamarkan menggunakan nama lain.

Melansir wikipedia, film Gie (2005) mengisahkan seorang tokoh bernama Soe Hok Gie, mahasiswa Universitas Indonesia yang lebih dikenal sebagai demonstran dan pecinta alam.

Masa kecil Soe Hok Gie dibesarkan di sebuah keluarga keturunan Tionghoa yang tidak begitu kaya di Jakarta. Sejak remaja, Soe Hok Gie sudah kritis dan membaca buku pemikir dunia.

Saat remaja dan kuliah Soe Hok Gie di saat Soekarno menjadi presiden. Kala itu ada ‘gesekan’ antara militer dengan PKI. Soe dan teman-temannya bersikeras bahwa mereka tidak memihak golongan manapun dan dia menghormati Sukarno sebagai founding father negara Indonesia.

Baca Juga  AKD DPRD Maluku Terbentuk, ini Susunan Lengkapnya

Di sisi lain, Gie tetap mengkritisi pemerintahan Soekarno. Kritik itu dituliskan dalam bentuk tulisan-tulisan.

Sisi mahasiswa Soe Hok Gie juga menarik dalam film tersebut.

Sosok Gie juga membenci bagaimana banyak mahasiswa berkedudukan senat janji-janji manisnya hanya omong kosong belaka yang mengedoki usaha mereka memperalat situasi politik untuk memperoleh keuntungan pribadi. Penentangan ini memenangkan banyak simpati bagi Hok Gie, tetapi juga memprovokasikan banyak musuh.

Banyak interest group berusaha melobi Soe untuk mendukung kampanyenya, sementara musuh-musuh Hok Gie bersemangat menggunakan setiap kesempatan untuk mengintimidasi dirinya.

Hok Gie dan teman-temannya menghabiskan waktu luang mereka naik gunung dan menikmati alam Indonesia yang asri dengan Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) UI. Selain itu, mereka juga gemar menonton dan menganalisa film, menikmati kesenian-kesenian tradisional, dan menghadiri pesta-pesta.

Film ini menggambarkan petualangan Soe Hok Gie mencapai tujuannya untuk menggulingkan rezim Sukarno, dan perubahan-perubahan dalam hidupnya setelah tujuan ini tercapai.

Selain itu, dalam film ini, Hok Gie dan teman-temannya menghabiskan waktu luang mereka naik gunung dan menikmati alam Indonesia yang asri dengan Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) UI. Mereka juga gemar menonton dan menganalisa film, menikmati kesenian-kesenian tradisional, dan menghadiri pesta-pesta.

Baca Juga  Jaga Kebugaran, Polres Buru Polda Rutin Olahraga Pagi

Film ini menggambarkan petualangan Soe Hok Gie mencapai tujuannya untuk menggulingkan rezim Sukarno, dan perubahan-perubahan dalam hidupnya setelah tujuan ini tercapai.

Tokoh-tokoh tambahan dalam film Gie

Tan Tjin Han, figur yang menjadi sahabat Gie semasa kecil, adalah seorang tokoh fiktif yang diilhami oleh dua orang sahabat Hok Gie, Djin Hok dan Effendi.

Ira dan Sinta, dua perempuan yang mewakili wanita-wanita dalam hidup Hok Gie. Ira dan Sinta dalam film ini adalah tokoh-tokoh fiktif.

Tokoh-tokoh tambahan lainnya antara lain Denny (satu di antara seorang sahabat Hok Gie yang periang, lucu, dan ramai), Jaka (tokoh PMKRI yang kemungkinan besar adalah Cosmas Batubara ) dan Santi.

Siapa sebenarnya Cosmas Batubara?

Cosmas Batubara merupakan salah satu anggota Partai Golkar yang terbilang aktif.

Dia pernah menjabat Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat, dan Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Menteri Tenaga Kerja.

Ketiga jabatan ini dia jabat dalam masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Cosmas yang merupakan pelopor gerakan mahasiswa angkatan 1966 ini menikah dengan R.A. Cypriana Hadiwijono dan dikaruniai 2 putra dan 2 putri.

Baca Juga  Wisata Mangrove Desa Tuada yang Kini Merana

 Cosmas menjabat sejumlah jabatan penting di perusahaan. Yakni Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN), Komisaris Utama PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI), dan komisaris PT Intiland Development Tbk (DILD).

Direktur Utama PT Agung Podomoro Land (APLN) Tbk, Cosmas Batubara usai bertemu Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Balai Kota, Jakarta, Selasa (13/9/2016).(Kahfi Dirga Cahya)
Direktur Utama PT Agung Podomoro Land (APLN) Tbk, Cosmas Batubara usai bertemu Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Balai Kota, Jakarta, Selasa (13/9/2016).(Kahfi Dirga Cahya) ()
Biodata Cosmas Batubara:

  • Nama lengkap: Cosmas Batubara
  • Lahir: 19 September 1938 (umur 80)
  • Partai politik: Partai Golkar
  • Istri: RA Cypriana Hadiwijono
  • Almamater: Universitas Indonesia
  • Pekerjaan: Komisaris Agung Podomoro dan Agung Sedayu Group, Rektor Podomoro University
  • Profesi: Pengusaha
  • Jabatan menteri: 

1. Menteri Tenaga Kerja Indonesia ke-16
Masa jabatan (21 Maret 1988-17 Maret 1993)

2. Menteri Negara Perumahan Rakyat Indonesia ke-1
Masa jabatan (29 Maret 1978-21 Maret 1988)