BNPB: 60 Rumah Rusak Akibat Gempa M 5,2 di Labuha

oleh -203 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Gempa magnitudo 5,2 yang terjadi di Halmahera Selatan, Maluku Utara pada Jumat (26/2/2021) malam menyebabkan puluhan bangunan rusak ringan. Bangunan yang rusak mulai dari rumah warga hingga fasilitas umum.

“Sejumlah kerusakan bangunan telah teridentifikasi dengan tingkat kerusakan ringan,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Porostimur.com, Sabtu (27/2/2021).

BNPB telah menerima data kerusakan yang dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halamahera Selatan per Sabtu (27/2/2021) pukul 00.00 WIT, tadi malam.

Sejumlah kerusakan dengan kategori rusak ringan tercatat ada 60 unit rumah. Selain itu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Rusunawa, kantor Pengadilan Agama, bangunan kompi D TNI, dan bangunan Dinas Perkim juga mengalami kerusakan ringan. 

Tidak ada korban jiwa, namun gempa mengakibatkan tiga warga luka ringan dan sebanyak 45 kepala keluarga  yang berjumlah total 169 jiwa mengungsi. 

Baca Juga  Wakapolda Maluku: Kabaharkam Polri Minta Buat Jukrah Khusus Tangani Hoax Covid-19

Menurutnya, pascagempa tersebut, BPBD segera melakukan upaya penanganan darurat. Antara lain kaji cepat dan berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait termasuk TNI dan Polri dalam upaya memberikan pelayanan kepada warga penyintas.

BPBD juga telah mendirikan tenda-tenda keluarga untuk warga maupun pasien yang sedang dirawat di RSUD Labuha. 

“Petugas BPBD di lapangan mengimbau warga untuk tidak panik serta segera menghindari tertimpa bangunan apabila gempa susulan terjadi,” ujarnya.

Gempa magnitudo 5,2 mengguncang Halmahera Selatan pada Jumat (26/2/2021) sore pukul 20.02 WIT. Guncangan kuat gempa selama 2-3 detik dirasakan warga Desa Labuha hingga mereka panik menyelamatkan diri. 

Data BMKG mencatat pusat gempa berada pada 11 Km timur laut Labuha dengan kedalaman 10 km.  (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.