Breaking News: Presiden AS Donald Trump dan Istri Dilarikan ke RS Militer, Menggigil dan Sesak Napas

oleh -82 views
Link Banner

Porostimur.com | Wasingthon: Presiden AS Donald Trump dilarikan ke rumah sakit khusus militer, RS Walter Reed Military Medical Center di Bethesda, Maryland.

Presiden Donald Trump bersama Ibu Negara, Melania Trump, dipastikan positif Covid-19 setelah penasihatnya, Hope Hicks, terpapar Virus Corona. 

Dailymail.co.uk menginformasikan, Presiden Donald Trum, mengenakan masker, meninggalkan Gedung Putih pada Jumat malam ke Pusat Medis Walter Reed.

Di tempat ini, Trump bersama istri akan menghabiskan beberapa hari ke depan untuk mendapat perawatan khusus karena virus corona.

Link Banner

Trump diterbangkan dengan helikopter khusus kepresiden.

Presiden Trump sempat mengalami demam, badan menggigil, sesak dan batuk. 

Melania mengalami gejala lebih ringan.

Seperti diketahui, sejumlah pakar mengatakan, Presiden Trump termasuk orang yang memiliki risiko tinggi setelah terkena Virus Corona karena 3 alasan, yaitu faktor usia (74 tahun), kategori obesitas, dan berjenis kelamin pria (pasien meninggal dunia, 54 % adalah pria). 

Gedung Putih Tidak Terbuka

Presiden Donald Trump melambai kepada wartawan di South Lawn tetapi tidak berbicara saat berjalan ke Marine One.

Dia pun mengacungkan jempol tanda tangannya.

Beberapa staf senior Gedung Putih, termasuk Kepala Staf Mark Meadows dan sekretaris pers Kayleigh McEnany, berada di halaman untuk menyaksikan kepergiannya.

Mereka juga mengenakan topeng, gambar yang tidak biasa untuk Gedung Putih Trump.

Dia akan tetap di rumah sakit militer yang berbasis di Bethesda, Maryland, selama ‘beberapa hari’ di mana Gedung Putih mengatakan dia akan bekerja dari kamar kepresidenan saat dia menjalani tes.

Gedung Putih tidak terbuka terkait kondisi presiden.

Trump mentwit sesaat sebelum jam 1 pagi dan dia dinyatakan positif terkena virus.

Di pagi hari, dia digambarkan oleh kepala stafnya memiliki gejala ‘ringan’, diikuti oleh laporan kemudian oleh media bahwa Trump mengalami demam.

Pada Jumat malam, presiden sedang dalam perjalanan ke rumah sakit.

Presiden menderita demam, menggigil, sesak dan batuk, menurut ABC News.

Direktur Komunikasi Gedung Putih Alyssa Farah membenarkan bahwa Trump belum mengalihkan kekuasaan kepada Wakil Presiden Mike Pence, meskipun dia dirawat di rumah sakit.

“Presiden yang bertanggung jawab,” katanya.

Wapres AS Negatif

Wapres AS Mike Pence ada di Naval Observatory tempat dia tinggal.

Dia dinyatakan negatif Covid-19 pada Jumat pagi.

Trump, 74, telah dirawat karena COVID-19 dengan ‘koktail’ antibodi yang diproduksi oleh Regeneron, dokternya mengumumkan sebelumnya pada hari Jumat, dan ‘lelah’ tetapi dalam semangat yang baik, seperti Ibu Negara Melania Trump.

Baca Juga  Gempa M 7,7 Guncang Maluku Barat Daya

Dokter Trump merilis pernyataan yang mengatakan dia telah ‘diinfus’ dengan antibodi – yang diketahui membantu pasien COVID pulih lebih cepat ‘tanpa insiden’.

Dia juga telah diberi zink, vitamin D, famotidine, melatonin dan aspirin setiap hari.

NBC mengutip sumber tak dikenal yang mengatakan Presiden juga mengalami demam ringan.

Melania menderita ‘batuk ringan dan sakit kepala’.

“Presiden Trump tetap sehat, memiliki gejala ringan, dan telah bekerja sepanjang hari,” kata sekretaris pers Kayleigh McEnany dalam sebuah pernyataan.

“Karena sangat berhati-hati, dan atas rekomendasi dokter dan pakar medisnya, Presiden akan bekerja dari kantor kepresidenan di Walter Reed untuk beberapa hari mendatang,” tambah McEnany.

“Presiden Trump menghargai curahan dukungan untuk dia dan Ibu Negara.”

Trump dan Melania mengumumkan bahwa mereka telah dites positif beberapa jam setelah dia kembali dari penggalangan dana kampanye di klub golf New Jersey di mana dia diyakini telah melakukan kontak dengan setidaknya 100 orang.

Itu mengumpulkan $ 5 juta untuk kampanyenya, yang sekarang telah membatalkan semua acara di masa depan sehubungan dengan diagnosis presiden.

Putranya Eric menyebut Trump sebagai ‘pejuang sejati’ saat dia meminta doa untuk kesembuhannya di Twitter.

“Dia akan berjuang melalui ini dengan kekuatan dan keyakinan yang sama yang dia gunakan untuk berjuang demi Amerika setiap hari,” tulisnya.

“Saya meminta Anda untuk bergabung dengan saya dalam berdoa untuk kesembuhannya. Saya tidak pernah lebih bangga pada seseorang dan apa yang harus mereka tanggung.”

Pengumuman rawat inap datang setelah pasar ditutup menyusul penurunan mereka setelah diagnosis virus korona positif Trump.

Ini akan menjadi dua hari sebelum pasar dibuka kembali, memberi investor waktu untuk pulih dari keterkejutan presiden Amerika Serikat yang dirawat di rumah sakit karena COVID.

Tanggapan Biden dan Obama

Joe Biden, 77, dan istrinya Jill dinyatakan negatif.

Putra Presiden yang berusia 14 tahun, Barron, Ivanka, dan Jared Kushner juga dinyatakan negatif, demikian pula Ketua DPR Nancy Pelosi.

Baca Juga  Tim Agile Terbentuk, Asnath Siap Implementasikan Proyek SAGU

Ketika berita tentang rawat inap Trump pecah, Biden menekankan bahwa penyakit presiden ‘tidak bisa menjadi momen partisan’.

‘Ini pasti momen Amerika. Kami harus bersatu sebagai satu bangsa,” twit Biden.

Mantan Presiden Barack Obama juga berharap agar Trump cepat sembuh.

‘Sangat penting … bagi kita semua untuk mengingat bahwa bahkan ketika kita berada di tengah pertempuran politik besar dengan masalah yang banyak dipertaruhkan, bahwa kita semua adalah orang Amerika dan kita semua adalah manusia, dan kita ingin memastikan semua orang sehat, ‘katanya.

“Michelle dan saya berharap mereka dan orang lain yang terkena dampak COVID-19 di seluruh negeri mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan, bahwa mereka akan berada di jalur menuju pemulihan yang cepat.”‘

Obama berbicara pada acara penggalangan dana dengan calon Wakil Presiden dari Partai Demokrat Kamala Harris yang mengatakan bahwa dia membagikan doa terdalamnya untuk ‘kesehatan & pemulihan presiden dan ibu negara’.

‘Ancaman virus ini nyata bagi kita semua. Biar menjadi pengingat bagi kita semua bahwa kita harus tetap waspada dan menjaga diri kita sendiri serta saling menjaga, ” tambahnya.

Juga pada Jumat malam, kampanye Biden mengonfirmasi bahwa mereka menarik semua iklan negatif tentang Trump dari rotasi media berbayar mereka.

Sebelumnya pada hari itu di Grand Rapids, Michigan, Biden mengatakan dia dan Jill sedang berdoa untuk Trump – dan, dalam istirahat dari latihan sebelumnya, mengenakan topeng untuk berbicara.

‘Istri saya Jill dan saya berdoa agar mereka sembuh dengan cepat dan penuh,’ katanya, pada sebuah acara kampanye dengan serikat pekerja, yang telah dipindahkan ke luar dan jumlah hadirin terbatas.

‘Ini bukan masalah politik. Ini adalah pengingat bagi kita semua bahwa kita menganggap serius virus ini. Itu berarti memakai topeng di depan umum dan mendorong orang lain untuk melakukannya juga.

“Kita sebagai bangsa harus lebih baik dalam menghadapi pandemi ini.”

Dia menambahkan: ‘Untuk semua orang yang berjuang ini, termasuk Keluarga Pertama, doaku menyertaimu.

Doa saya bersama mereka yang meninggal – 207.000 saya pikir hari ini. ‘

Baca Juga  Real Madrid Akan Kembali Berlatih Mulai 11 Mei

Di akhir pidatonya, Biden berkata: ‘Semoga Tuhan melindungi Keluarga Pertama, dan setiap keluarga yang berurusan dengan virus ini.’

Trump belum men-tweet sejak jam 1 pagi pada hari Jumat ketika dia mengungkapkan diagnosisnya, dan terakhir terlihat secara langsung pada Kamis malam, kembali dari penggalangan dana. Dia akan mengambil bagian dalam panggilan konferensi dengan gubernur pada pukul 12.15, tetapi digantikan oleh Wakil Presiden Mike Pence, yang dinyatakan negatif.

Pence mengatakan kepada gubernur bahwa Trump memintanya untuk menggantikannya karena dia dinyatakan positif, tetapi tidak akan menguraikan kondisi Presiden.

Trump berisiko tinggi karena usia dan berat badannya. Dia tetap dalam kondisi kesehatan yang baik selama waktunya di kantor tetapi tidak diketahui berolahraga secara teratur atau mengikuti pola makan yang sehat.

Sumber yang dikutip oleh The New York Times mengatakan Presiden sudah lesu dalam perjalanan kembali dari acara New Jersey hari Kamis, dan bahwa dia tertidur di Air Force One pada Rabu malam ketika kembali dari unjuk rasa di Minnesota – sesuatu yang sangat tidak biasa bagi Presiden yang energik, yang biasanya menghabiskan waktunya di pesawat menonton televisi dan berkicau.

Reli Minnesota juga hanya setengah dari reli lainnya. Air Force One sekarang sedang dalam pembersihan.

Sekretaris pers Gedung Putih Kayleigh McEnany mengatakan dianggap aman bagi presiden untuk menghadiri penggalangan dana hari Kamis.

Sekarang ada spekulasi bahwa peristiwa penyebar luas itu mungkin adalah pengumuman Trump tentang Calon Mahkamah Agung Amy Coney Barrett pada hari Sabtu.

‘Itu dianggap aman bagi presiden untuk pergi. Dia menjaga jarak secara sosial.

Itu adalah acara luar ruangan dan dianggap aman oleh operasi Gedung Putih, ” katanya kepada wartawan di Gedung Putih pada hari Jumat.

Trump berusia 74 tahun dan dengan berat 244 pon dan 6 kaki 3, secara teknis mengalami obesitas yang membuatnya berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi serius akibat virus.

Kepala Stafnya mengatakan pada hari Jumat bahwa dia ‘bersemangat’ dan tidak hanya ‘bekerja sekarang, tetapi akan tetap pada pekerjaan itu’. (red/wartakota)