Bupati Buru Pimpin Apel Siaga Bencana Berpesan Melindungi Masyarakat Dari Ancaman Bencana

oleh -22 views
Link Banner

Porostimur.com | Namlea: Bupati Buru, Ramli Ibrahim Umasugi, selaku Inspektur Upacara dalam memimpin Apel kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana alam di kabupaten Buru. Bertempat di halaman Polres Buru.

Turut hadir Kapolres Buru, Dandim 1506 Namlea, Kepala BPBD Buru, TNI-POLRI dan Instansi Terkait. Bupati Buru dalam sambutannya mengatakan pemerintah berkewajiban untuk melindungi masyarakat dari berbagai ancaman baik dari luar maupun dari dalam,baik faktor Manusia  maupun faktor Alam termasuk di dalamnya ancaman karena bencana alam.

Menurut Umasugi, Buru merupakan wilayah yang rawan bencana dengan sembilan titik ancaman bencana maka diperlukan upaya kesiap siagaan untuk mengantisipasi   segala kemungkinan yang sewaktu-waktu dapat terjadi di wilayah kita memerlukan kesiapsiagaan dengan penanganan yang sistimatis ,terpadu dan ter-koordinasi dalam rangka memberikan perlindungan Kepada Masyarakat dari Ancaman segala bencana, tutur Bupati.

Baca Juga  BNNP Maluku antisipasi peredaran narkoba pada level sekolah

Selain itu menurutnya  pengurangan resiko bencana di Kabupaten Buru, harus dilakukan dengan mempertimbangkan aspek berkelanjutan, partisipasi dari semua  pihak.terkait, baik dilakukan dengan komitmen yang kuat, mengedepankan tindakan-tindakan yang diperiotaskan untuk memanimalisir kejadian dari korban bencana.

Link Banner

Selanjutnya bupati Ramli Umasugi bersama Kapolres Buru AKBP. Egia Febri Kusumawiatmaja, S.IK, M.IK, Dandim 1506 dan Kepala BPBD mengecek seluruh persiapan kendaraan pendukung  untuk antisipasi kesiap-siagaan penanggulangan bencana.

Di tempat yang sama Kapolres Buru menambahkan di Kabupetan Buru ada sembilan mode bencana yang dominan, yang dihadapi yakni bencana banjir, tanah longsor, gelombang pasang, gempa bumi dan kebakaran hutan, ini yang menjadi periotas penanganan setiap tahun. (ima)