Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Puluhan Prajurit Kodim 1509/Labuha Test Urine

oleh -22 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Kodim 1509/Labuha melakukan penyuluhan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) yang telah menjadi program tetap setiap Triwulan, sebagai tindakan Awal pencegahan penggunaan Narkoba dikalangan TNI AD khususnya Personil Kodim 1509/Labuha.

Penyuluhan P4GN ini diselenggarakan di Aula Makodim 1509/Labuha, Jalan Sapta Marga Desa Kampung Makian, Kecamatan Bacan Selatan, Jumat (27/8/2021)

Kegiatan P4GN juga dihadiri oleh Danramil 1509-05/Kayoa Kapten Inf Pardan, PaSandi Letda Inf Lukito dan Personil Kodim 1509/Labuha dan Jajaran, dengan diisi oleh dr.Zakir Fendi Abdul Razak sebagai Penyuluh Narkoba, didampingi oleh Plh Pasi Intel Kapten Arm Hamdi Arif Mulya

dr. Zakir mengatakan narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya adalah bahan atau zat yang di masukkan dalam tubuh manusia, baik secara lisan atau di minum, dihirup, atau disuntikan, narkoba dapat menimbulkan kerusakan psikologis, kebanyakan yang terjerat karena pergaulan yang terlalu bebas yang awalnya hanya coba-coba menjadi pecandu.

Saat ini bahaya dan dampak narkoba atau narkotika dan obat-obatan pada kehidupan dan kesehatan pecandu semakin meresahkan dan menyerang para remaja-remaja yang salah pergaulan, Obat-obatan tersebut dapat menimbulkan kecanduan jika pemakaiannya berlebihan. Pemanfaatan dari zat-zat itu adalah sebagai obat penghilang nyeri serta memberikan ketenangan.

Baca Juga  Tandang Serba Putih di Musim 2019-2020

Sambung dr. Zakir adapun resiko/dampak penyalagunaan narkoba yaitu berupa dampak fisik, gangguan pada system syaraf, gangguan pada jantung dan pembuluh darah, gangguan pada kulit, gangguan pada paru-paru, sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, serta dampak terhadap kesehatan reproduksi. “Selain efek negatif ke fisik juga mempengaruhi ke psikis bagi si pengguna,” ungkap dr. Zakir.

Setelah dilakukan penyuluhan personil Kodim 1509/Labuha dan jajaran dilakukan pengecekan urine oleh dr. Zakir dan staf Intel Kodim 1509/Labuha. Dan hasil pemeriksaan urine personil tidak ditemukan penyalahgunaan narkoba.

Ditempat sama Plh Pasi Intel, Kapten Inf Hamdi mengungkapkan rasa syukur atas hasil pemeriksaan urine para personil Kodim 1509/Labuha, Alhamdulillah, Hasil dari pemeriksaan oleh dr. Zakir tidak menemukan penyalahgunaan narkoba maupun zat adiktif, kegiatan ini juga dilakukan sebagai tindakan pencegahan penyalahgunaan narkoba yang semakin hari semakin merambah di seluruh masyarakat Indonesia, tidak terkecuali di wilayah Kabupaten Halsel.

Baca Juga  Memperingati HUT Pramuka Ke 60 Dandim 1509/Labuha Beri Materi Wawasan Kebangsaan

Kegiatan ini tak hanya sebatas pemeriksaan urine, tetapi di lapangan kita juga mengerahkan personil Unit Intel untuk mencari tahu peredaran narkoba di wilayah Kodim 1509/Labuha dengan bekerja sama dengan rekan kita Polres Halsel.

“Diharapkan setelah kami berikan penyuluhan tentang penyalagunaan narkoba kepada bapak-bapak TNI nantinya dapat memberikan motivasi ataupun gambaran tentang bahaya narkoba di masyakarat sehingga kedepannya para generasi kita tidak salah pergaulan maupun penyalagunaan obat-obatan terlarang,” ucap Plh. Pasi Intel. (adhy)

No More Posts Available.

No more pages to load.