Daihatsu Pastikan Tahun ini Miliki Outlet di Maluku Utara

oleh -133 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Daihatsu memastikan tahun ini akan memiliki jaringan penuh di seluruh Indonesia dengan membuka outlet baru di Provinsi Maluku Utara. Penambahan outlet baru di Maluku Utara itu merupakan bagian dari program ekspansi Daihatsu untuk merambah pasar otomotif di Tanah Air.

“Kita tetap optimistis pasar otomotis nasional berkembang. Kita akan perluas network di provinsi, saat ini (yang belum ada) tinggal di Maluku Utara. Kami berharap tahun ini tuntas 34 provinsi tercover semua. Maluku Utara kita buka di tahun 2020 ini,” ujar Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso kepada wartawan di sela-sela ajang Daihatsu National Technical Skill Contest 2020 di Jakarta, Selasa (11/2/2020) kemarin.

Hendrayadi menjelaskan, sampai akhir 2019 lalu, jumlah outlet Daihatsu mencapai 251 outlet. Dari jumlah itu, sebanyak 65% adalah outlet berstandar 3S (sales, service, and spareparts) atau memiliki layanan penjualan, perawatan, dan suku cadang. Sisanya, 35% outlet yang hanya melayani penjualan.

Tahun ini, Daihatsu akan menambah enam outlet baru, termasuk di Maluku Utara. Jadi, kata dia, sampai akhir tahun nanti, Daihatsu memiliki 257 outlet dengan standar 3S di atas 65%.

Diakui, ekspansi jaringan itu untuk mendukung pemenuhan target penjualan Daihatsu tahun ini. Menurut Hendrayadi, tahun ini Daihatsu tidak memiliki target muluk-muluk, cukup bisa mempertahankan posisi di nomor dua penjualan otomotif nasional dengan pangsa pasar sekitar 17 persen.

Baca Juga  Sukses Gelar STQN, Wakil Ketua MPR Apresiasi Gubernur Malut

“Memang pihak Gaikindo masih menghitung-hitung angkanya, apalagi melihat penjualan Januari 2020 kemarin yang sedikit turun dari tahun lalu,” papar dia.

Ia menjelaskan, tahun lalu Daihatsu juga tidak mematok target besar yakni hanya 17%. Ternyata target itu bisa tercapai. Berdasarkan data Gaikindo, sepanjang Januari hingga Desember 2019, dari total penjualan ritel otomotif nasional sebanyak 1.043.017 unit, Daihatsu berada di urutan kedua dengan penjualan 177.588 unit atau meraih pangsa pasar 17%.

Hendrayadi menambahkan, saat membeli kendaraan, selain aspek kualitas produk, konsumen juga memperhatikan kualitas layanan purna jual, termasuk di dalamnya kualitas bengkel atau servis. Kontes kemampuan mekanik yang digelar secara rutin oleh Daihatsu, merupakan upaya mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan purna jual.

Baca Juga  Residivis Pembunuh Kiki Kumala Ditangkap Polisi di Tidore

Daihatsu National Technical Skill Contest 2020 yang digelar kali ini diikuti 2009 peserta dari seluruh bengkel Daihatsu di Indonesia.

“Melalui kontes ini, konsumen memahami bahwa kualitas bengkel resmi Astra dan diler memiliki kualitas dan standar yang sama,” ujar dia.

Pada kesempatan yang sama, After Sales Service Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Lili Herman mengatakan, kemampuan teknisi memiliki dampak signifikan terhadap penjualan kendaraan. Sebab, jika kualitas servis yang dilakukan oleh teknisinya baik, maka kendaraan yang diperbaiki tersebut akan baik juga. Hal tersebut jelas memberikan kepuasan kepada pelanggan atau konsumen. Buktinya, mereka akan balik lagi ke bengkel tersebut.

Ia menambahkan, tingkat kepercayaan konsumen terhadap teknisi di bengkel Daihatsu dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal itu bisa dilihat dari terus bertambahnya mobil yang masuk ke bengkel Daihatsu.

Ia mencontohkan, tahun lalu saja total populasi kendaraan Daihatsu bertambah sebesar 5%, namun jumlah kendaraan yang masuk ke bengkel Daihatsu meningkat sebesar 6% atau lebih tinggi dari pertumbuhan populasi mobil Daihatsu.

“Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan konsumen kepada bengkel Daihatsu sangat baik. Ini salah satu parameter bahwa bengkel kita memang berkualitas,” tuturnya.

Baca Juga  Kala Liverpool Telah "Memberikan" Gelar Juara Liga Inggris ke Man City

Sementara itu, Technical Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, final ajang adu skill para teknisi terbaik Daihatsu se-Indonesia bertajuk Daihatsu National Technical Skill Contest 2020 berlangsung 10-11 Februari 2020 di Daihatsu Technical Training Center, Sunter, Jakarta. Tujuannya meningkatkan kemampuan teknisi Daihatsu agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dari segi pelayanan, hingga kualitas pengerjaan yang andal.

“Kontes tahun ini merupakan yang ke-29 kalinya sejak kami adakan pada 1985. Kontes ini juga merupakan hasil inovasi Daihatsu, yang mengasah keterampilan individu dan kekompakan tim,” kata dia.

Anjar menambahkan, kegiatan itu untuk menunjukkan komitmen Daihatsu melalui kebersamaan tim untuk melayani pelanggan dengan lebih baik. Semua dilakukan dengan standar yang telah ditetapkan oleh Daihatsu.

“Kami berharap, melalui kontes ini motivasi dan kemampuan teknisi semakin meningkat untuk mencapai kualitas pelayanan terbaik demi kepuasan pelanggan Daihatsu,” ujar Anjar. (red/rtm/abc)