Dinkes Maluku siagakan posko kesehatan

oleh -140 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Guna menjamin kesehatan bagi para peserta Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Nasional I, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku telah menyiapkan beberapa posko kesehatan.

Posko-posko kesehatan dimaksud, menginduk kepada 3 pos komando kesehatan yakni Rumah Sakit Tentara (RST), Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dan Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital) IX/Ambon.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Maluku, dr. Meikyal Pontoh,M.Kes, saat berhasil dikonfirmasi wartawan, di Ambon, Rabu (24/10).

”Kita sudah membentuk posko kesehatan, supaya mengantisipasi dan berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta Pesparani ini. Contoh dibentuk beberapa posko kesehatan. Pos kesehatan ada pos yang mobil atau yang jalan terus. Itu pos komandonya ada di 3 tempat yaitu di Rumah Sakit Tentara (RST), di Dinas Kesehatan dan di Rumah Sakit Angkatan Laut. Jadi pos mobile atau pos yang bergerak selama 24 jam ini komandonya di tiga tempat tadi,” ujarnya.

Untuk tenaga kesehatan yang bertugas pada pos mobile, akunya, diberikan tanggung jawab untuk melakukan pengecekan kesehatan bagi para peserta Pesparani yang berada di hotel, atau penginapan, dalam interval waktu yang sudah ditetapkan.

Baca Juga  Kasat Reskrim Polres Bitung Berganti

”Kemudian sudah dibagi tugas bagi masing-masing pos, ada petugas kesehatan yang nanti akan bertugas melihat peserta yang menginap di beberapa hotel. Tenaga kesehatan yang ditempatkan di pos mobile ini, mereka akan bertugas selama 1 x 24 jam. Pada jam-jam tertentu, mereka akan mengunjungi hotel-hotel yang ditinggali oleh peserta untuk mengecek apakah ada masalah kesehatannya atau tidak,” jelasnya.

Selain pos mobile, tegasnya, pada lokasi perlombaan atau even, pihaknya juga menyiagakan pos-pos kesehatan.

”Kemudian ada juga pos yang dibentuk di lokasi even pelaksanaan Pesparani tersebut, ataupun even tempat workshop dan pameran dan itu juga dibentuk pos kesehatan. Petugas kesehatannya akan bertugas mulai dari lombanya dimulai sampai selesai. Itu untuk pembentukan pos kesehatan,” tegasnya.

Baca Juga  Hadiri Tabliq Akbar Bersama Dua Habib FPI, Kakanwil Kemenag Himbau Warga Maluku Jaga Kerukunan

Selain pembentukan posko kesehatan, tambahnya, pihaknya juga melakukan pemeriksaan atas sampel air minum yang disediakan bagi para peserta Pesparani nanti.

”Kita juga mengatur jalur-jalur rujukan. Kalau ada pasien yang tidak bisa ditangani di pos kesehatan, kita akan rujuk di rumah sakit yang terdekat dengan pos tersebut. Kemudian sebelum hari H, kita juga melakukan penyemprotan di lokasi tempat nginapnya. Dan juga melakukan pemeriksaan sampel-sampel air minum,” pungkasnya.