Dosen Dari Spanyol Beri Kuliah Umum di Program Studi Ilmu Sejarah

oleh -34 views

Porostimur.com, Ternate – Program Studi Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Khairun Ternate menggelar Kuliah Umum, bertajuk “Historical Relationship Between Moluccas and Spanish” dengan mendatangkan narasumber berkebangsaan Spanyol Prof. Antonio C. Campo Lopez.

Antonio merupakan dosen sejarah di Universidad Nacional de Educatión a Distancia (UNED) di kota Madrid dan Spanyol, salah satu kampus terbesar di negeri matador itu, dengan 260.000 orang mahasiswa.

Kegiatan kuliah umum ini, disambut hangat oleh seluruh civitas akademika Fakultas Ilmu Budaya, terutama Prodi Ilmu Sejarah, mengingat Maluku Utara, khususnya Ternate-Tidore memiliki keterkaitan historis yang begitu erat dengan Spanyol.

“Bahwasanya, saat ini kita bisa saksikan peninggalan benda-benda aktivitas masa lampau bangsa Spanyol yang tersebar di Maluku Utara, seperti halnya benteng-benteng peinggalan Spanyol yang ada di Tidore,” ungkap Antonio di sela-sela kuliah umum, Rabu (17/1/2024).

Antonio mengaku senang bisa mengunjungi Ternate dan Tidore, karena banyak benteng, terutama di Ternate dan Tidore. “Semoga ini, menjadi aset pariwisata yang bisa di lestarikan di kota ini,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Ilmu Sejarah Unkhair Jainul Yusup, mengatakan, kedatangan para peneliti dan dosen dari Spanyol, membuka ruang besar bagi Maluku Utara untuk kerjasama.

“Terutama meneliti dan menulis bersama dengan mereka. Sekiranya kegiatan ini, patut kita apresiasi. Mengingat banyak unsur untuk dikolaborasikan, misalnya bagi dosen bisa membuka riset dengan bangsa Spanyol. Karena tidak menutup kemungkinan kedatangan Antonio ini, dapat membuka jalan bagi mahasiswa dan dosen Prodi Ilmu Sejarah untuk melanjutkan studi di negara Spanyol,”papar Jainul.

Kuliah Umum ini dihadiri oleh dosen, mahasiswa Prodi Sejarah dan segenap pimpinan Fakultas Ilmu Budaya, Unkhair, tenaga dosen, dan para mahasiswa. (Mansyur Armain)

Baca Juga  Pj. Wali Kota Ambon Buka Bimtek Pelindungan Data Pribadi bagi Badan Publik

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.