DP3APMD Ambon optimis tahap III ADD ditransfer September ini

oleh -122 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Tahap III pencairan Dana Desa (DD) diharapkan sudah bisa ditransfer pemerintah pusat kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengembangan Masyarkat dan Desa (P3APMD) Kota Ambon, pada bulan September 2018 ini.

Saat berhasil dikonfirmasi wartawan, Sabtu (8/9), hal ini dibenarkan Kepala Dinas (Kadis) P3APMD Kota Ambon, Rina Purmiasa.

”Desa minimal 75%. Nah, untuk persyaratan itu Kota Ambon sudah melampaui, karena sudah 100%. Sekarang yang kita konsilidasi adalah pemenuhan persyaratan tahap yang ke-II bahwa harus ada 75% penyerapan di desa dan minimal 50% output. Jadi, sekarang desa-desa sudah  menyampaikan laporan. Kalau untuk posisi akhir Agustus kemarin, pertengahan minggu ke-3 Agustus itu, posisi harapan kita sudah 29%. 29% itu dalam posisi tahap II baru cair. Sekarang ini saya sudah minta ke semua desa untuk memasukkan laporan realisasi tahap II minimal 50%. Sudah disampaikan, belum semua memang. Nah, itu tinggal kita kompilasi ke dalam konspan mulai monitoring sistem keuangan negara. Itu dari di Kemenkeu, nah itu tinggal kita input dan kalo dikonspan sudah 75% dan tahap III akan dikucurkan,” jelasnya.

Baca Juga  Optimis Memenangkan Pilkada Kepsul, FAM-SAH Akui Kedua Rivalnya Lawan Tanding yang Berat

Sesuai kondisi riil dan laporan yang sudah diterima pihaknya, tegasnya, pihaknya optimis pencairan dana tahap III biasa segera direalisasikan dsalam bulan September ini juga.

Apalagi, terangnya, saat pencairan tahap II, tepatnya pada minggu ketiga bulan Agustus, realisasi penyerapan DD sudah mencapai 29%.

”Secara komunikatif dari laporan yang masuk pada minggu ke-3 Agustus sudah 29%, tapi itu posisi tahap II baru cair. Nah, sekarang tahap II sudah hampir sebulan berjalan. Yah kita optimis dalam bulan September tahap III bisa turun dari KPKN ke RKUD,” tegasnya.

Ditambahkannya, konspan 75% yang dimaksudkan sebelumnya, bukan 75% dari plafon anggaran (pagu), melainkan 75% dari dana yang sudah ditransfer masuk.

Baca Juga  Dua Tersangka Pelaku Korupsi DD dan ADD Desa Fagudu Diserahkan ke Kejari Sanana

”Semua desa. Iya, karena dia sifatnya kolektif, CPN kolektif, bukan CPN dari desa per desa. Kalau tahap I, rata-rata sudah menyampaikan laporan realisasi. Tapi itu kan baru 20%. Yang dimaksudkan dengan 75% itu, dari dana yang sudah ditransfer masuk, bukan dari total pagu. Jadi, September ini kita optimis bisa transfer tahap III Kepada Dinas DP3AMD,” pungkasnya. (vanessya)