DPRD Akan Tindak Lanjuti Oknum Guru Mbalelo Ke BKD Kota Ternate

oleh -59 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Komisi III, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate akan melakukan kroscek langsung ke Dinas Pendidikan (Diknas) Kota Ternate terkait oknum Apratur Sipil Negara (ASN) inisial AA alias Ajis yang diduga melalaikan tugas selama kurang lebih 5 tahun.

Hal ini dikatakan Anggota Komisi III, DPRD Kota Ternate, Nurlaila Syarif, saat dikonfirmasi wartawan, terkait dugaan ASN yang melalaikan tugas selama kurang lebih lima tahun tak berkantor.

Apalagi yang bersangkutan adalah tenaga guru mengajar di sekolah, khususnya yang bertugas di wilayah terluar harusnya ada tambahan insentif.

“Apalagi di wilayah terluar sangat membutuhkan peran guru untuk mencerdaskan anak bangsa khususnya di bidang pendidikan”, kata Nurlaila, Senin (16-8/2021).

“Kalau memang ada kendala-kendala terkaitan dengan disiplin, sekarang kan dalam tata kelola pemerintahan andalan, seharusnya fokus pada hal-hal yang evaluasi kinerja birokrasi, apalagi dalam konteks pelayanan pendidikan,” imbuhnya.

Baca Juga  Survei Charta Politika: Tingkat Kepuasan Paling Rendah Warga Atas Kinerja Pemerintah Berada di Maluku-Papua

Nurlaila bilang, Komisi III DPRD, mendorong bahkan mendesak Diknas pendidikan Kota Ternate sebagai leading sektor untuk segera melakukan evaluasi.

Politisi Partai NasDem ini mengatakan, ketika melakukan evaluasi sifatnya jangan hanya subjektif, tetapi juga harus objektif dengan melalui indikatornya yaitu absensi (daftar hadir) keterangan kalau dia berada disekolah berarti butuh klarifikasi dari kepala sekolah (Kepsek) sebagai penanggung jawab.

“ini tidak berlaku untuk oknum saja tetapi seluruh tenaga pendidikan yang bertugas di wilayah terluar yang tidak menjalankan fungsi secara optimal kami juga berharap harus ada objektifitas dalam penilaian”, tukas Nurlaila.

“Kalau memang dari hasil evaluasi itu terbukti dengan melalui mekanismenya, misalkan lewat surat teguran secara resmi, pembinaan secara langsung diberikan kesempatan ada namanya hak klarifikasi, jikalau itu sudah diberikan,” imbuhnya.

Baca Juga  Satu Lagi Manfaat Industri Hulu Migas, Segera Terwujud di Kabupaten Teluk Bintuni

Nurlaila menambahkan, kalau masih tidak ada perubahan dan masih melalaikan tugasnya sebagai ASN maka dari pihak Diknas harus memberikan tindakan yang tegas terhadap yang bersangkutan sesuai mekanisme dan aturan perundang- undangan.

“Intinya semua kewenangan ada di Diknas dan kalau itu semua sudah ditempuh melakukan penyuratan terhadap oknum ASN inisial AA, panggil dan tanyakan alasanya apa kemudian lakukan pembinaan kalau yang bersangkutan mengindahkan hal tersebut maka harus lewat jalur badan kepegawaian daerah (BKD) kota Ternate, nanti BKD yang memutuskan status ASN itu,” ujarnya.

Nurlaela Syarif juga berjanji akan melakukan kroscek kepada pihak Diknas sesuai dengan informasi yang dirinya dapatkan dan kalau memang itu sesuai dengan fakta maka harus ditindak lanjuti sampai kepada yang berwenang sesuai aturan dalam hal ini BKD Kota Ternate. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.