Gunung Ibu Erupsi Lagi, Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 2,3 KM

oleh -14 views

Porostimur.com, Jailolo – Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, kembali mengalami erupsi pada Senin, 25 Maret 2024, pukul 18:19 WIT.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan erupsi tersebut menghasilkan lontaran abu vulkanik mencapai ketinggian 2,5 kilometer.

“Kolom abu terlihat berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat,” ungkap petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu Axl Roeroe, Senin (25/3/2024).

Axl Roeroe menjelaskan, erupsi ini memiliki amplitudo maksimum sebesar 28 milimeter dan berlangsung selama sekitar 3 menit 7 detik. Suara dentuman dan gemuruh akibat letusan terdengar hingga ke Pos Pengamatan Gunung Ibu.

Roeroe mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi aliran lahar di sungai-sungai yang berhulu ke puncak Gunung Ibu dan berkoordinasi dengan pos pengamatan gunung api setempat.

Baca Juga  Dirlantas Polda Malut Utara Gelar Strong Point di Jalan Raya Kota Ternate 

Gunung Ibu saat ini berada pada status Level II atau Waspada, dengan rekomendasi agar masyarakat di sekitar gunung api tersebut tidak melakukan aktivitas di dalam radius dua kilometer dan perluasan sektoral sejauh 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara kawah aktif.

Gunung Ibu merupakan gunung api bertipe stratovolcano yang memiliki ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut dan terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara.

No More Posts Available.

No more pages to load.