BPS Sebut IPM Maluku Utara 2023 Meningkat 1,02 Persen, Kota Ternate Tertinggi

oleh -26 views
Bundaran Sofifi, Ibu Kota Provinsi Maluku Utara. Foto: instagram @abu_fatimah23

Porostimur.com, Ternate – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku Utara mencatat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) provinsi ini tahun2023 mencapai 70,21, atau meningkat dari tahun sebelumnya yang berada pada angka 69,47

Berdasarkan data BPS Maluku Utara yang diakses pada, Senin (25/3/2024), IPM Provinsi Maluku Utara berada pada urutan 29 dari 38 provinsi di Indonesia dan berada pada urutan ke-7 dari 10 provinsi di Sulawesi, Kepulauan Maluku dan Papua.

Kota Ternate menjadi daerah di Maluku Utara dengan status capaian pembangunan manusia yang sangat tinggi.

BPS menyebutkan, IPM Provinsi Maluku Utara tahun 2023 sebesar 70,98 mengalami peningkatan dibanding tahun 2022 yang sebesar 70,26 atau meningkat 1,02 persen. Capaian pembangunan manusia di Maluku Utara ini tergolong IPM tinggi.

Baca Juga  Inspirasi Padu-padan Tank Top & Jeans dari K-Pop Idol

Capaian dimensi IPM Provinsi Maluku Utara tertinggi terdapat pada dimensi kesehatan. Sedangkan capaian terendah terdapat pada dimensi pengeluaran (standar hidup layak).

Terdapat disparitas capaian IPM antar Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku utara. Kota Ternate merupakan wilayah di Provinsi Maluku Utara yang memiliki IPM yang sangat tinggi yaitu 81,25 kemudian diikuti oleh Kota Tidore dengan kategori IPM yang tinggi yaitu 72,40. Sedangkan pembangunan manusia di kabupaten/kota lainnya tergolong sedang. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.