Gunung Karangetang Keluarkan Guguran Awan Panas, Warga Dusun Bolo Diungsikan

oleh -12 views
Gunung Karangetang mengeluarkan guguran awan panas, Senin (10/7/2023) pukul 07.58 Wita. (Foto: Subhan Sabu)

Porostimur.com, Manado – Gunung Karangetang mengeluarkan guguran awan panas, Senin (10/7/2023) pukul 07.58 Wita. Warga Dusun Bolo, Kelurahan Tarorane, Kecamatan Siau Timur, Kabupaten Kepulauan Sitaro yang berada dekat gunung tersebut diungsikan ke tempat aman.

“Saat ini dilakukan pengungsian Dusun Bolo, Kelurahan Tarorane ke titik pengungsian di Gereja Tampuna. Untuk sementara tidak ada lagi kembali ke Dusun Bolo,” ujar Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang, Yudia P Tatipang.

Dari pantauan pos pengamatan, guguran awan panas itu meluncur sejauh 2 kilometer ke arah Kali Kahetang di sektor tenggara.

Asap kawah bertekanan sedang hingga kuat teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 100 meter di atas puncak kawah. 

Baca Juga  Jelang HUT Bhayangkara ke-78, Polda Maluku Gelar Lomba Tiga Pilar Kamtibmas

Sinar api lebih kurang 10 meter dan  guguran lava pijar dari ujung kawah ke arah Kali Kahetang lebih kurang 1.750 m, Batuawang lebih kurang 1.500 m, Batang lebih kurang 1.000 m, Timbelang lebih kurang 1.000 m, dan Beha Barat lebih kurang 1.500 m.

“Aktifitas guguran lava ini terkadang menimbulkan kepulan asap putih kelabu tipis sampai sedang. Sinar api Kawah Dua lebih kurang 10 m di dalam tiang kolom asap putih. Sedang tekanan sedang, ditambah asap lebih kurang 50 m. Api diam timbul tenggelam,” ujar Yudia.