Hakim Perintahkan Pemerintah Belanda Setop Ekspor Onderdil Jet F-35 ke Israel

oleh -9 views
Foto: Ilustrasi jet tempur F-35 (BBC)

Porostimur.com, Den Haag – Pengadilan tingkat banding di Belanda memerintahkan Pemerintah Belanda untuk menghentikan ekspor suku cadang jet tempur F-35 ke Israel. Hal ini lantaran adanya resiko pelanggaran hukum internasional.

Dilansir The Associated Press, Senin (12/2/2024), trio organisasi hak asasi manusia mengajukan gugatan perdata terhadap Belanda pada Desember 2023. Gugatan diajukan dengan alasan pihak berwenang perlu mengevaluasi kembali izin ekspor sehubungan dengan aksi militer Israel di Jalur Gaza.

Selain itu, mereka berpendapat bahwa pengiriman suku cadang pesawat membuat Belanda terlibat dalam kemungkinan kejahatan perang yang dilakukan Israel dalam perangnya dengan Hamas.

Pengadilan tingkat rendah memihak pemerintah dengan mengizinkan pemerintah untuk terus mengirimkan suku cadang milik Amerika Serikat yang disimpan di sebuah gudang di kota Woensdrecht ke Israel.

Pada Senin waktu setempat, hakim di Pengadilan Banding Den Haag membatalkan keputusan tersebut. Hakim memerintahkan Pemerintah Belanda menghentikan ekspor dalam waktu tujuh hari.

“Tidak dapat disangkal bahwa terdapat risiko yang jelas bahwa suku cadang F-35 yang diekspor digunakan untuk melakukan pelanggaran serius terhadap hukum kemanusiaan internasional,” kata Hakim Bas Boele saat membacakan putusan yang disambut sorak-sorai dari beberapa orang di ruang sidang.

Pihak pengacara pemerintah mengatakan pelarangan pengiriman suku cadang F-35 dari Belanda tidak ada artinya. Hal ini lantaran AS bisa mengirimkannya dari negara lain.

sumber: detikcom