Ini yang Bikin Flek Hitam Susah Banget Hilang dari Wajah

oleh -13 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Perempuan punya permasalahan kulit yang beragam, tapi paling sering jadi permasalahan adalah jerawat. Seringkali jerawat yang sudah sembuh bekasnya menjadi flek hitam di wajah. Tentunya hal ini menjadi halangan untuk tampil cantik dan mengurangi percaya diri. Apalagi flek hitam lebih sulit dihilangkan daripada jerawat itu sendiri.

Pada umumnya, jerawat akan hilang pada beberapa orang dalam beberapa hari. Atau mungkin bisa memakan waktu lebih lama. Penyembuhan jerawat nggak akan mengembalikan kondisi kulit seperti sebelumnya. Justru area bekas jerawat akan meninggalkan bekas flek hitam yang sulit hilang. Bekas jerawat berupa bintik hitam atau kemerahan biasanya dikenal sebagai Post Inflammatory Hyperpigmentasi (PIH). 

Lalu kenapa flek hitam sulit banget dihilangkan? Inilah alasan kondisi wajah sulit seperti sedia kala.

Baca Juga  Kata Pakar Telematika Roy Suryo soal Video Syur Diduga Gisel

Nggak Pakai Sunscreen

Flek hitam nggak hilang karena nggak pakai sunscreen.
Nggak pakai sunscreen/pexels.com/moosephotos

Kebanyakan perempuan pasti sudah tahu manfaat dari sunscreen yang luar biasa untuk kulit wajah. Makanya rangkaian ini nggak boleh dilewatkan apalagi diremehkan. Sunscreen mengandung SPF untuk melindungi kulit yang berfungsi melindungi zat melanin pada kulit sehingga nggak terlalu reaktif.

Kalau rutin dan konsisten memakai sunscreen setiap harinya, flek hitam akan semakin memudar bahkan hilang. Ini adalah salah satu cara menghilangkan flek hitam paling mudah. Saat malam hari pakai double cleanser untuk menghapus sisa SPF. Jadi mencegah munculnya permasalahan kulit baru.

Jenis Kulit Sensitif

Flek hitam muncul karena jenis kulit sensitif.
Kulit sensitif/unsplash.com/erikmclean

Sebenarnya kebanyakan tipe kulit orang Indonesia jarang yang berkulit sensitif. Berbeda dengan orang barat yang rentan terbakar sinar matahari, keriput, bahkan kanker kulit. Tapi zat melanin orang-orang Asia termasuk perempuan Indonesia memiliki karakteristik yang lebih reseptif terhadap cahaya.

Baca Juga  Kapolda Maluku Terima Kunjungan Silaturahmi Wakil Direktur PT PLN

Setiap kulit meradang terutama karena jerawat akan muncul flek hitam yang sulit hilang. Oleh karena itu, bagi perempuan yang punya tipe kulit sensitif biasanya rentan timbul flek hitam. Cara mengatasinya bisa pakai rangkaian skincare demi meminimalisir flek hitam.

Perawatan yang Salah

Melakukan perawatan yang salah bisa sulit menghilangkan flek hitam.
Perawatan yang salah/unsplash.com/atonikachanel

Sebenarnya flek hitam bisa hilang, tapi kondisi kulit setiap orang berbeda. Ada yang butuh berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk menghilangkan flek hitam. Jadi jangan berharap flek hitam bisa hilang dengan sendirinya. Perhatikan juga perawatan apa yang tepat untuk kebutuhan kulit masing-masing.

Salah satu alasan flek hitam sulit dihilangkan adalah melakukan perawatan yang salah. Coba deh perhatikan lebih hati-hati rangkaian skincare apa yang cocok dipakai. Mulai dari kandungannya, waktu yang tepat untuk dipakai, sampai efektivitas perawatan pada kulit.

Baca Juga  Optimis Didukung PKS, Bassam Siap Lanjutkan Program Kesehatan dan Pendidikan Gratis

(red/beautynesia)