JPPR Duga Biro SDM KPU RI Ikut Campur Seleksi Anggota KPU di Malut

oleh -46 views

Porostimur.com, Ternate – Seleksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Provinsi Maluku Utara yang tengah berlangsung saat ini, diduga ada campur tangan dari Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Republik Indonesia.

Hal tersebut, disampaikan pengurus Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Maluku Utara Jainal Adaran, Sabtu (9/3/2024).

Jainal menilai, yang dilakukan Biro SDM KPU RI itu, sangat tidak wajar adalah ketika pengumuman nilai psikotes peserta, di mana nilai CAT tinggi, tetapi tiba-tiba pengumuman peserta di 20 besar nilai di psikotes mereka tidak direkomendasikan.

Padahal, peserta ini kebanyakan adalah mereka yang sudah berpengalaman menjadi penyelenggara pemilu dari 1-2 periode, yang setiap saat mengikuti tes setiap perekrutan KPU di tingkat Provinsi.

Link Banner

“Ada soal-soal psikotes inikan sederhana saja. Nilai CAT bagus, tiba-tiba pengumuman nilai psikotes tidak lulus, sehingga tidak direkomendasikan,” terangnya.

Baca Juga  Nefra Firdaus Jabat Kasdam XVI/Pattimura, Ganti Agung Pambudi

Sebagimana beberapa peserta yang kami interview, kata Jainal, terutama bagi yang mereka sudah berpengalaman di penyelenggara pemilu di Kabupaten dan Kota 1-2 periode, seperti Ramli K Yakub, anggota KPU Sula 2 periode, Aksa Puko, Arisandi Ketua KPU Taliabu 2 periode, M.Rizal Ketua KPU Halmahera Utara, Jainul Yusup, Asman Jamil, mantan Ketua Bawaslu Halmahera Selatan.