Kanwil Kemenag Malut Laksanakan Bimtek Peningkatan Mutu Layanan KUA

oleh -22 views
Link Banner

Porostimur.com – Ternate: Untuk meningkatan mutu layanan terhadap masyarakat, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara melalui Bidang Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Mutu Layanan Kantor Urusan Agama (KUA) Program Kerukunan Umat dan Layanan Kehidupan Beragama. 

Kegiatan yang bertemakan “Melalui Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Layanan KUA, Kita Tingkatkan Kualitas dan Kinerja Pelayanan Kepada Masyarakat” tersebut berlangsung di Hotel Dragon Ternate, Rabu (17/11/2021). 

Kakanwil, H. Sarbin Sehe membuka secara resmi kegiatan tersebut. Dalam amanahnya Kakanwil mengatakan KUA sebagai teras depan Kementerian Agama (Kemenag), maka KUA harus merepresentasi Kemenag di tingkat kecamatan dan menjadi sosok penting karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

Baca Juga  Tak puas hasil appraisal, masyarakat diperbolehkan gugat ke PN Minut

“Kemenag menjadikan revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai salah satu program prioritas”, ujar Kakanwil. 

Lebih lanjut, Kakanwil menyampaikan revitalisasi akan memperluas cakupan fungsi layanan KUA. “Ke depan, layanan KUA tidak hanya seputar pencatatan pernikahan, tetapi juga fungsi pemberdayaan ekonomi dan penguatan moderasi beragama (PMB)”, terang Kakanwil. 

Dijelaskan, Ada lima transformasi layanan KUA dalam program revitalisasi, yaitu pertama, KUA menjadi garda terdepan Kementerian Agama dalam pelayanan publik. Kedua, KUA menjadi pusat layanan keagamaan bagi masyarakat. 

Ketiga, KUA menjadi pusat pemberdayaan ekonomi umat. Keempat, KUA menjadi pusat data keagamaan yang dilengkapi dengan sistem deteksi dan respon dini terhadap konflik keagamaan. Serta yang kelima, KUA menjadi rumah moderasi beragama berbasis komunitas. 

Baca Juga  Danlantamal XIV Sorong Buka Gelaran Sepakbola Bupati Cup di Morotai

Sebelumnya, Ketua Panitia H. Jaber Wahid yang juga Kasi KUA dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh pegawai KUA berjumlah 47 orang se Kabupaten/Kota Provinsi Maluku Utara, dan dilaksanakan selama tiga hari, yakni dari tanggal 17 s/d 19 November 2021. 

H. Jaber menambahkan maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan Bimtek ini adalah untuk mewujudkan KUA yang profesional dan berintegritas serta meningkatkan standar mutu pelayanan KUA terhadap masyarakat. 

“Selain itu juga untuk mewujudkan penataan administrasi dan pengelolaan anggaran tepat sasaran, tepat guna dan akuntabel, serta KUA yang terbebas dari pungli dan gratifikasi”, Tutup H.Jaber dalam laporannya. (adhy)