Skorsing bagi Wasit Utama dan VAR yang Pimpin Laga Argentina-Brasil

oleh -28 views
Link Banner

Porostimur.com – San Juan: Wasit utama dan VAR (Video Assistant Referee) di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Brasil pada Rabu (17/11/2021) mendapat skorsing dari Conmebol.

Partai panas Argentina vs Brasil di San Juan De Bicentenario, San Juan, Argentina tersebut berakhir tanpa gol 0-0.

Duel kedua rival bebuyutan itu menemui titik didih pada menit ke-33 laga saat bek Argentina Nicolas Otamendi secara agresif melayangkan sikut ke penyerang Brasil Raphinha saat berupaya memperebutkan si kulit bundar.

Tindakan yang dilakukan Otamendi secara cepat tersebut membuat darah keluar dari mulut Raphinha.

Eks bek Man City tersebut lalu menarik Raphinha dari lantai lapangan yang langsung memegangi mulutnya dan berusaha menunjukkan ke sang pengadil kalau ada darah keluar.

Baca Juga  Kisah Nyata Kesepakatan Damai Oslo Hadir di Film

Walau sikut Otamendi menyisakan dampak berkepanjangan ke pemain Leeds United tersebut, wasit utama Andres Cunha dan VAR Esteban Vega bergeming.

Cunha tidak memberi kartu kuning sekali pun. Sementara, Vega di ruang VAR tak menganggap insiden itu patut diulas ulang.

Insiden tersebut menyita perhatian Conmebol dan konfederasi sepak bola negara-negara Amerika Selatan itu pun mengeluarkan pernyataan bahwa mereka telah menjatuhkan skorsing kepada dua sosok wasit utama di laga tersebut.

“Performa Wasit Utama Andres Ismael Cunha Soca Vargas dan Wasit VAR Esteban Daniel Ostojich Vega, yang ditugaskan ke laga tersebut, dianalisis secara teknis oleh Komite Arbitrase dan menyimpulkan kalau mereka telah melakukan kesalahan serius saat menjalankan fungsi dalam pertandingan,” tulis Conmebol, seperti dikutip dari Athletic.

Baca Juga  Hasil Paraguay Vs Brasil - Neymar dkk Menang Lagi, Jauhi Argentina

“Terutama, dalam situasi berikut. Pada menit ke33: Tindakan Beringas (Violent Conduct) dari pemain nomor 19 Nicolas Herman Gonzalo Otamendi (ARG) melawan seorang pemain lawan dan membahayakan integritas fisik pemain tersebut dengan menggunakan lengan ke muka.”

“Oleh karena itu, Komite Arbitrase Conmebol menjatuhkan skorsing kepada Andres Ismael Cunha Soca Vargas dan Esteban Daniel Ostojich Vega untuk periode yang belum ditentukan dalam semua kompetisi yang diorganisir oleh Conmebol.”

Sementara itu, reaksi di Brasil memuji tindakan Raphinha setelah insiden tersebut yang tak bereaksi agresif ke Otamendi.

“Raphinha memberikan contoh kepada rekan-rekan setimnya dan semua pemain sepak bola di negeri ini,” tulis Julio Gomes di UOL.

“Dia lebih terlibat dengan permainan, kurangi sandiwawra dan usaha-usaha untuk menipu atau memengaruhi mereka yang harus membuat banyak keputusan sulit di lapangan.”

Baca Juga  Roda Berputar Begitu Cepat untuk Timnas Italia

“Darah Raphinha bukan dari suatu kecoa. Darah Raphinha adalah dari pemain sepak bola profesional.”

“Ini darah dari seseorang yang menghormati olahraga ini. Selamat baginya.”

“Sikap seperti itu lebih berharga jauh ketimbang suatu gol.”

Hasil 0-0 membuat Brasil masih berada di puncak klasemen dengan perolehan 35 poin.

Sementara itu, Messi dkk di urutan berikutnya dengan mengantongi 29 poin. Albiceleste juga memastikan kelolosan ke Piala Dunia Qatar dengan hasil melawan Brasil tersebut.

(red/kompas.com)

No More Posts Available.

No more pages to load.