Kecam Taktik Defensif Atletico, Van Basten Usul Hapus Offside

oleh -19 views

Porostimur.com, Ambon – Legenda sepak bola asal Belanda Marco van Basten mengecam gaya bermain defensif Atletico Madrid. Ia mengusulkan offside harus dihilangkan untuk membuat pertandingan lebih menghibur dan memastikan penggemar tidak beraih daripertandingan sepak bola untuk ‘menonton Netflix’ sebagai gantinya.

Taktik Atletico di bawah Diego Simeone telah dikritik karena terlalu negatif. Pelatih asal Argentina itu sering kali lebih menyukai menumpuk pemain di belakang daripada tampil menyerang.

Pasukan Simeone secara khusus tampil bertahan total dalam kekalahan 0-1 dari Manchester City [ada leg pertama perempat final Liga Champions pekan lalu. Legenda Belanda Van Basten mengatakan taktik yang digunakan oleh Atletico melawan City yang mengalir bebas ‘tidak menyenangkan untuk ditonton’ dan dapat membuat para penggemar mengabaikan dan menonton sesuatu yang lebih menghibur.

Mantan striker Ajax dan AC Milan itu sebelumnya menyerukan agar offside dihapuskan ketika dia bekerja untuk FIFA dan percaya mengubah aturan lama bisa bermanfaat.

“Itu legal, diperbolehkan, tetapi ketika Anda melihat seberapa defensifnya,” kata Van Basten kepada Ziggo Sport dikutip dari Daily Mail, Senin (11/4/2022). “Saya terkejut bahwa tim dengan posisi tertinggal selama 90 menit mencoba untuk menghindari gol lawan. Mereka mungkin juga melakukannya sekarang, karena dalam situasi itu Anda tidak akan pernah berada dalam posisi offside,” imbuhnya.

Basten menambahkan, sangat sulit untuk mencetak gol. Laga itu tidak menyenangkan untuk ditonton dan tidak menyenangkan bagi orang-orang.  “Itu normal bagi mereka untuk berhenti berlangganan dan menonton Netflix atau yang lainnya. Sebagai asosiasi sepak bola, seperti FIFA, Anda benar-benar harus mulai berpikir tentang bagaimana membuat sepak bola tetap menyenangkan dan menarik. Karena tidak menyenangkan seperti itu. Tidak ada yang bisa disalahkan, pelatih bisa melakukan ini, tapi benar-benar tidak menyenangkan untuk ditonton,” kata dia.

Van Basten mengatakan Atletico memiliki terlalu banyak pemain dengan kualitas menyerang mumpuni alih-alih menggunakan gaya bertahan seperti itu.  “Joao Felix dan Antoine Griezmann, pemain yang memiliki biaya 300 juta euro di antara keduanya,  bertahan selama 90 menit,” kata mantan pelatih timnas Belanda itu.

Taktik Simeone, bagaimanapun, memberikan dua gelar La Liga. Ia juga membawa Atletico ke dua final Liga Champions.

Atletico menghadapi City pada Kamis (14/3) dini hari WIB. Los Rojiblancos perlu membalikkan defisit dari leg pertama untuk mencapai semifinal.

(red/republika)

No More Posts Available.

No more pages to load.