Kisah Haji Wada Rasulullah dan 13 Pesannya Sebelum Wafat

oleh -14 views

Nabi Muhammad SAW diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyebarkan agama Islam. Puncak dari dakwah Rasulullah SAW adalah peristiwa ibadah haji. Dalam buku Ensiklopedia Fikih Indonesia: Haji & Umrah yang ditulis Ahmad Sarwat, Lc, M.A momentum Haji Wada (perpisahan) yang merupakan ibadah haji yang pertama kali dilakukan oleh Rasulullah sekaligus ibadah haji yang terakhir. Karena beberapa saat setelah momentum ibadah Haji Wada Rasulullah SAW pun meninggal dunia.

Mengutip buku Mukjizat & Peristiwa Penting Nabi Muhammad karya Kak Thifa dijelaskan bahwa Haji Wada terjadi pada tanggal 25 Dzulqa’dah 10 Hijiryah, atau terjadi satu tahun sebelum Nabi Muhammad SAW wafat.

Pada saat itu setelah sembilan tahun tinggal di Madinah, akhirnya Rasulullah kembali ke Makkah dan melaksanakan haji. Bahkan tercatat lebih dari 10 ribu umat Islam berkumpul mengikuti Nabi Muhammad SAW berhaji.

Baca Juga  3 Rekomendasi Lip Balm yang Mengandung SPF, Melembabkan dan Cegah Bibir Hitam

Beliau mengajarkan bagaimana caranya berhaji, dan juga menyampaikan sebuah pesan atau khutbah yang dikenal sebagai pesan terakhir untuk umat Islam.

Perkataan Nabi Muhammad SAW sebelum menyampaikan pesan-pesan terakhirnya. Beliau bersabda, “Wahai umat Islam dengarkanlah perkataanku, mungkin sehabis tahun ini aku tidak lagi bertemu dengan kalian di tempat ini untuk selama-lamanya.”

No More Posts Available.

No more pages to load.