Kisah Haji Wada Rasulullah dan 13 Pesannya Sebelum Wafat

oleh -18 views

Pesan Terakhir Rasulullah SAW Saat Haji Wada

Nurul H. Maarif dalam buku Samudra Keteladanan Muhammad menyebutkan ada tiga belas poin pokok pembahasan pesan terakhir yang disampaikan Rasulullah saat melaksanakan haji perpisahan yaitu:

Pertama, berbakti kepada Allah dan mematuhi-Nya dengan penuh ketakwaan serta patuh terhadap segala perintah-Nya.

Kedua, perhatikan keharaman menumpahkan darah dan merampas harta milik sesama muslim, sehingga mereka dapat bertemu dengan Tuhannya dalam keadaan yang baik.

Ketiga, sampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, (fa man kanat ‘indah amanah fal yuaddiha ila man ‘itamanah ‘alaiha).

Keempat, riba dalam segala bentuknya telah dihapuskan. (wa inna kulla riban maudhu’).

Kelima, kita harus menghindari perbuatan zalim/menganiaya baik sebagai pelaku maupun korban. (la tadhlimun wa la tudhlamun).

Baca Juga  Helikopter Israel Terus Serang Rafah, AS Sebut Gencatan Senjata Masih Mungkin Dilakukan

Keenam, penting untuk memahami bahwa semua darah yang tertumpah pada masa kegelapan jahiliyah telah dihapuskan. (inna kulla dam kana fi al-jahiliyyah maudhu’).

Ketujuh, penting untuk memperhatikan hak-hak istri dan suami dengan baik. Salah satu hak istri adalah bahwa mereka tidak boleh membiarkan seseorang yang tidak disukai oleh suaminya menginjakkan kakinya di tempat-tempat yang dimilikinya, tidak boleh mempersilakan orang yang tidak disukai oleh suami masuk ke rumah tanpa izinnya, dan tidak boleh bersikap tidak senonoh dengan pria lain.

No More Posts Available.

No more pages to load.