Kisah Juhainah, Sosok Terakhir yang Keluar dari Neraka

oleh -414 views
Ilustrasi. Siluet malaikat yang menjemput di pintu neraka /xusenru/Pixabay

Ini adalah kisah Juhainah, sosok terakhir yang keluar dari neraka. Siapakah dia dan mengapa menjadi yang terakhir keluar dari neraka serta yang terakhir pula dimasukan ke surga?

Para ulama ahlussunnah wal jamaah telah bersepakat bahwa siapapun yang mati dalam keadaan beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, walaupun matinya membawa banyak dosa, selain syirik tentunya, maka dia kelak akan masuk surga. Namun, sebelum itu dia harus melewati serangkaian hisab yang menyiksa dan azab neraka jahanam. Setelah mendapatkan balasan sebagai bentuk keadilan dari Allah, maka dia akan dikeluarkan dari api neraka dan dimasukkan ke surganya Allah Subhanahu wa ta’ala.

Tentang kisah juhainah ini, bisa dilihat dari hadis di bawah ini:

Baca Juga  5 Ide Baju Gereja Terusan yang Klasik dan Chic

“Sungguh ‘Aku tahu seorang penduduk neraka yang paling akhir keluar darinya, seorang penduduk surga yang paling akhir masuk ke dalamnya. Dialah seorang lelaki yang keluar dari neraka dengan merangkak. Maka, Allah berkata kepadanya, ‘Pergilah, masuklah engkau ke dalam surga’. Lalu dia mendatangi surga, namun dikhayalkan kepadanya bahwa surga telah penuh.

Maka, dia kembali seraya berkata, ‘Wahai Rabb-ku, aku mendapati surga telah penuh’. Allah tabaroka wa ta’ala berkata kepadanya, ‘Pergilah, masuklah engkau ke dalam surga!’. Sekali lagi dia mendatangi surga, namun kembali dikhayalkan bahwa surga telah penuh. Dia pun kembali seraya berkata, ‘Wahai Rabb-ku, aku mendapati surga telah penuh’.

No More Posts Available.

No more pages to load.