KPK Bongkar Korupsi di Telkom, Ada yang Tembus Rp200 Miliar

oleh -48 views

Porostimur.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang mengusut sejumlah kasus di PT Telkom. Dua di antaranya sudah masuk dalam tahap penyidikan, sedangkan lainnya masih dalam penyelidikan.

“Kita saat ini sedang menangani dua perkara terkait Telkom di penyidikan. Kemudian ada juga yang masih lidik (penyelidikan),” kata Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur, Rabu (26/6/2024).

Dua kasus tersebut, yakni dugaan pengadaan kerja sama fiktif di anak usaha Telkom, PT Sigma Cipta Caraka (SCC) serta pengadaan barang dan jasa di Telkom Group.

KPK memberi atensi terhadap kasus korupsi di Telkom mengingat dugaan kerugian keuangan negara menyentuh nilai fantastis. “Ini kerugiannya cukup besar masing-masing itu, di atas Rp100 miliar. Bahkan lebih Rp200 miliar untuk satu perkara,” ungkap Asep.

Baca Juga  Komisi IV DPRD Maluku Bahas Pengalihan Guru ASN dari Sekolah Swasta ke Sekolah Negeri

Sebelumnya, KPK mengusut pengadaan barang dan jasa di anak usaha Telkom Group, PT Sigma Cipta Caraka (SCC).

KPK mengendus adanya dugaan korupsi dalam pengadaan tersebut yang merugikan keuangan negara hingga ratusan miliar rupiah. KPK telah menaikkan ke tahap penyidikan dugaan korupsi PT SCC yang berlangsung pada 2017 sampai 2022.

KPK menduga ada kerja sama pengadaan yang fiktif dalam kasus ini. Modusnya, kerja sama penyediaan financing untuk project data center serta melibatkan pihak ketiga selaku makelar. (red/beritasatu)

No More Posts Available.

No more pages to load.