Mahasiswi Diperkosa, Alumni Unkhair Minta Tarik Semua Mahasiswi Kubermas dari Halmahera Barat

oleh -843 views
Link Banner

Porostimur.com, Ternate – Kasus pemerkosaan yang menimpa mahasiswi Universitas Khairun (Unkhair) di Jailolo Halmahera Barat yang sedang melaksanakan Program Kuliah Bersama Masyarakat (Kubermas) adalah kejahatan yang tak bisa ditolerir.

“Atas nama Alumni Unkhair, Kami minta jajaran Rektorat Universitas Khairun Ternate agar mengawal kasus ini dengan tuntas dan pelakunya ditangkap dan dihukum seberat-beratnya,” ujar alumni Universitas Khairun Ternate Hasby Yusuf, Selasa (2/8/2022).

Mantan aktivis mahasiswa itu meminta pihak dektorat menarik semua mahasiswa Unkhair yang melaksanakan program Kubermas di Halmahera Barat karena tidak lagi aman.

Menurut dia, perlindungan atas mahasiswa Kubermas jauh lebih utama dibanding pelaksanaan Kubermas di lapangan.

“Bagi kami pemerintah daerah Halmahera Barat harus ikut bertanggung dalam kasus ini, apalagi penempatan program Kubermas juga atas ijin pemerintah daerah setempat,” tukasnya.

Baca Juga  Maki Gubernur Maluku, Polisi Ciduk Maruanaya. Akademisi: Jangan Tebang Pilih

Hasby bilang, perlindungan atas mahasiswa Kubermas bersifat wajib, sebab selain mereka melaksanakan program pengabdian masyarakat lewat kuliah bersama masyarakat, mahasiswa Kubermas juga ikut menyukseskan program pemerintah daerah setempat.

“Perlindungan keamanan dan hak hidup atas mahasiswi harus jadi fokus utama pihak kampus dan pemerintah daerah dimana mahasiswa melaksanakan program Kubermas,” katanya.

Hasby juga meminta Kepolisian Halmahera Barat dan Polda Maluku Utara agar cepat menangkap pelaku dan memproses hukum secara transparan para pelaku dan para pihak yang dianggap terlibat dalam kasus ini.

“Jika tidak, maka kasus ini akan membuat mahasiswa peserta Kubermas akan merasa tak aman dan terancam. Jika ini terus dibiarkan maka kami minta evaluasi menyeluruh atas program Kubermas demi perlindungan atas adik-adik mahasiswa,” pungkasnya. (adhy)

No More Posts Available.

No more pages to load.