Markus Haluk: Label Teroris Tidak akan Surutkan Perjuangan Bangsa Papua

oleh -133 views
Link Banner

Porostimur.com | Jayapura: Direktur Eksekutif United Liberation Movement for West Papapua (ULMWP) menegaskan, label teroris yang diberikan pemerintah Indonesia terhadap Tentara Pembebasan Nasional Papua BArat (TPNPB) tidak akan menyurutkan bangsa Papua untuk mewujudkan hak politik bangsa Papua demi membelah harga diri bangsa Papua.

Markus menjelaskan, arah perjuangan Bangsa Papua sejak awal jelas bahwa kami berjuang untuk menentukan Nasib Sendiri. Menanggapi label teroris yang diberikan pemerintah Indonesia, dia menegaskan, istilah, KKB, GPK, dan seterusnya adalah istilah ciptaan kolonial Indonesia, TNI/POLRI.

“Orang Papua tidak kenal [KKB, KKSB, GPK dsb] itu semua. TPNPB-OPM, bangsa Papua berjuang menentang kejahatan kemanusiaan, Politik Rasisme yang sistemik 58 kepada Bangsa Papua,” tegasnya, Jum’at (30/4/2021).

Baca Juga  Murad 'Sesumbar' Corona Tak Bisa Bertahan di Maluku

Menurutnya, apa yang diperjuangkan bangsa Papua saat ini adalah bagian dari apa yang pernah diperjuangkan oleh Soekarno Hatta Melawan Kolonialisme Belanda, mulai 1908, 1928 hingga memuncak agustus 1945.

Link Banner

Lanjut dia, Perjuangan Jenderal TPN/OPM Goliat Tabuni, Egianus Kogoye, Jenderal Telenggen, Wenda, Murib belajar dari Jenderal Sudirman saat melawan militerisme dan Kolonialisme Belanda.

“Jenderal Goliat Tabuni, Egianus Kogeya Cs, berjuang menentang militer kolonial dan mereka berjuang untuk bangsa Papua,” katanya seperti dilansir dari suarapapua.com.

Dia mengingatkan, perjuangan bangsa Papua adalah selaras dengan mukadimah Konstitusi UUD 1945, ..bahwa kemerdekaan ialah hak segala bangsa oleh sebab itu penjajahan Indonesia kepada Bangsa Papua harus di Hentikan… Maka, Ketua MRP RI, Ketua DRP RI dan Presiden Joko Widodo Harus konsisten melaksanakan Mukadimah UUD 1945.

“Sekali lagi bahwa Bangsa Papua, rakyat Melanesia manusia yang beradab, yang berjuang mewujudkan harga diri, hak politik bangsanya. Untuk itu, maka semua label dan sebutan yang dikenakan Kolonial Indonesia, tidak akan menyurutkan bangsa Papua untuk mewujudkan hak politik bangsa Papua, membelah harga diri bangsa Papua,” pungkasnya.

Baca Juga  Berkas Gugatan Sudah Masuk Pengadilan, Ilham Bintang Dapat Dukungan

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia, lewat Menko Polhukam, Mahfud MD telah mengumumkan label KKB yang selama ini dialamatkan kepada TPNPB telah diubah dan diberi label baru sebagai teroris.

(red/suarapapua)