Mengenal 8 Keutamaan Surat Al-Fatihah, Salah Satunya Pembuka Pintu Langit

oleh -2,479 views

Ada banyak keutamaan surat Al-Fatihah yang bisa diketahui umat Muslim. Salah satunya adalah menjadi pembuka pintu langit. Al-Fatihah adalah surat pertama dalam Al Quran. Terdiri atas tujuh ayat, Al-Fatihah adalah surat yang sangat istimewa karena statusnya sebagai pembuka kitab suci Al Quran.

Secara bahasa, Al-Fatihah memiliki arti pembukaan. Surat ini diturunkan di Makkah dan termasuk golongan Makkiyah. Tak lepas dari statusnya itu, Surat Al-Fatihah memiliki beragam keutamaan yang bisa diketahui. Berikut beberapa di antaranya yang dapat disimak.

Keutamaan Surat Al-Fatihah:

1. Penyembuh Penyakit

Surat Al-Fatihah memiliki sebuah keutamaan berupa menyembuhkan penyakit, tentunya atas izin Allah SWT. Hal ini pernah diterangkan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim dari sahabat Abu Sa’id Al Khudri RA.

Baca Juga  Biayai Pacar Main Judi Online, Mahasiswi di Gorontalo Gelapkan 11 Laptop Teman

Nabi SAW bersabda: Ada sekelompok sahabat berada dalam perjalanan safar, lalu melewati sebuah kampung Arab. Kala itu, mereka meminta untuk dijamu, namun penduduk kampung enggan untuk menjamu.

Penduduk kampung itu lantas berkata kepada para sahabat yang mampir: “Apakah di antara kalian ada yang bisa meruqyah karena pembesar kampung tersengat binatang dan terserang demam?”. Di antara para sahabat lantas berkata, “Iya ada.” Lalu ia pun mendatangi pembesar kampung dan meruqyahnya dengan membaca Surah Al-Fatihah. Maka pembesar kampung itu pun sembuh. Surat Al Fatihah [un dikenal sebagai surat penyembuh.

No More Posts Available.

No more pages to load.