Mudah Dilakukan, Ini Kiat Agar Tubuh Tetap Fit Saat Jalani Isolasi Mandiri di Rumah

oleh -28 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Meningkatnya Covid-19 di Indonesia, menyebabkan banyak rumah sakit kewalahan dalam menangani pasien. Lonjakan yang begitu banyak membuat masyarakat semakin khawatir dan bingung dengan apa yang harus dilakukan saat terkonfirmasi positif Covid-19.

Jika kalian yang terindikasi positif Covid-19 tanpa gejala, biasanya dokter akan memberikan saran untuk melakukan isolasi mandiri di rumah, namun tetap melakukan konsultasi kesehatan secara daring dan rutin. Biasanya, banyak orang yang mengeluh capek dan bosan saat isolasi mandiri, sehingga menyebabkan tubuh kurang fit dan bahkan imunitas tubuh juga bisa drop.

Banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap fit selama melakukan isolasi mandiri di rumah. Berikut beberapa kiat agar tubuh tetap fit saat jalani isolasi mandiri : 

Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

healthy food (sumber : freepik)
mengonsumsi makanan bernutrisi/sumber: freepik

Saat sedang menjalani isolasi mandiri, sebaiknya kalian mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Hindari makanan tinggi lemak, makanan manis, junk food, makanan pedas, serta makanan yang membuat lambung tidak nyaman. Makanan tersebut dapat memicu kondisi tidak nyaman atau justru membuat kalian stress.

Oleh karena itu, agar tubuh tetap fit saat isolasi mandiri kalian harus mengonsumsi makanan sehat agar cepat sembuh. Selain itu kalian jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin.

Baca Juga  Ini Alasan Jong Halmahera Gelar Aksi Ditengah Pandemi Covid-19

Memperbanyak Minum Air Putih

drink water (sumber : freepik)
meminum air putih/sumber : freepik

Air putih memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat membuat tubuh terhidrasi dan dapat menjaga tubuh agar tetap fit. Kalian dapat memperbanyak minum air putih saat isolasi mandiri dan sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Agar kalian tidak lupa untuk minum air putih, kalian dapat menyimpan air putih di dalam botol, sehingga saat di kamar kalian juga dapat menjangkau air minum dengan mudah.

Melakukan Olahraga Ringan

workout (sumber : freepik)
olahraga/sumber : freepik

Olahraga sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental. Meskipun kalian tidak bisa melakukan olahraga di luar rumah, kalian tetap bisa melakukan olahraga di rumah. Kalian bisa melakukan beberapa olahraga ringan, seperti yoga, lompat tali, workout ringan, dan olahraga lain. Jangan lupa untuk olahraga secara rutin ya, Beauties!

Rutin Berjemur

Berjemurberjemur/ Foto: gpoinstudio

Nah, kiat satu ini tentunya jangan disepelekan atau bahkan jangan sampai kelupaan ya, Beauties. Biasakan diri untuk selalu berjemur di pagi hari selama 10 hingga 15 menit. Sebelum kalian berjemur, jangan lupa tetap gunakan sunscreen ya!

Baca Juga  Keroyok Seorang Remaja, Tujuh Warga Bitung Meringkuk di Sel Tahanan Polsek Lembeh Selatan

Tetap Produktif

cleening home (sumber : freepik)
membersihkan rumah/sumber : freepik

Kalian merasa bingung dan bosan saat isolasi mandiri? Kalian tetap bisa melakukan hal produktif lho, seperti membersihkan rumah. Membersihkan rumah adalah satu hal yang harus kalian lakukan nih, meskipun hanya kalian saja yang hanya di rumah, tetapi kalian tetap harus menjaga kebersihan ya!

Hal ini untuk meminimalisir virus dan bakteri yang ada di rumah. Selain itu kalian juga bisa melakukan hal lain, seperti mengerjakan tugas, mencuci baju, dan lainnya. 

Istirahat yang Cukup

sleeping (sumber : freepik)
istirahat/sumber : freepik

Istirahat yang cukup adalah poin penting untuk menjaga tubuh tetap fit saat isolasi mandiri. Jangan habiskan waktu kalian untuk menonton drama atau series selama berjam-jam ya. Kalian juga tetap harus ingat waktu dan mengistirahatkan diri kalian. 

Baca Juga  Kapan Tarawih Pertama 2021? Simak Penjelasan dan Pedomannya

Well, itu adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan agar tubuh tetap fit saat melakukan isolasi mandiri.

(red/beautynesia)