Munafik: Pengertian, Macam dan Ciri Menurut Al-Qur’an & Hadits

oleh -18 views

Munafik digambarkan sebagai seseorang yang memiliki perbedaan apa yang dikatakan dengan apa yang ada di hati.

Bahkan Allah SWT menyatakan bahwa orang munafik adalah musuh yang sesungguhnya.

Hal tersebut tercantum dalam Al-Qur’an surah Al-Munafiqun ayat 4 yang berbunyi:

۞ وَاِذَا رَاَيْتَهُمْ تُعْجِبُكَ اَجْسَامُهُمْۗ وَاِنْ يَّقُوْلُوْا تَسْمَعْ لِقَوْلِهِمْۗ كَاَنَّهُمْ خُشُبٌ مُّسَنَّدَةٌۗ يَحْسَبُوْنَ كُلَّ صَيْحَةٍ عَلَيْهِمْۗ هُمُ الْعَدُوُّ فَاحْذَرْهُمْۗ قَاتَلَهُمُ اللّٰهُۖ اَنّٰى يُؤْفَكُوْنَ

Artinya: Apabila engkau melihat mereka, tubuhnya mengagumkanmu. Jika mereka bertutur kata, engkau mendengarkan tutur katanya (dengan saksama karena kefasihannya). Mereka bagaikan (seonggok) kayu yang tersandar. Mereka mengira bahwa setiap teriakan (kutukan) ditujukan kepada mereka. Mereka itulah musuh (yang sebenarnya). Maka, waspadalah terhadap mereka. Semoga Allah membinasakan mereka. Bagaimanakah mereka dapat dipalingkan (dari kebenaran)?

Baca Juga  Ini Pasangan Terbaik dan Terburuk untuk Shio Macan

Munafik juga sering diartikan dengan bermuka dua dan setiap umat Islam harus mewaspadai penyakit hati ini. Munafik dapat dihindari dengan cara memahami pengertian dan ciri-ciri munafik sebagaimana yang dijelaskan pada artikel di bawah ini!

Munafik Adalah Pura-pura Percaya

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), munafik adalah berpura-pura percaya atau setia kepada agama dan sebagainya tapi sebenarnya dalam hati tidak. Selain itu, munafik juga didefinisikan sering mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan perbuatannya.

No More Posts Available.

No more pages to load.