NasDem Kepulauan Sula Serahkan Nama Bacalon Bupati ke DPW NasDem Malut

oleh -62 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Proses Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah dan Bakal Calon Wakil Kepala Daerah Kabupaten Kepulauan Sula tahun 2020 yang dilakukan oleh DPD Partai NasDem Kabupaten Kepulauan Sula melalui Tim Penjaringan sejak tanggal 23 September – 23 Oktober 2019 telah selesai pada tanggal 2 November 2019 kemarin.

Rangkaian kegiatan dari penerimaan berkas, Verifikasi Kelengkapan Administrasi Bacalon, Penilaian Persyaratan Umum dan Khusus serta penyampaian Visi Misi, sebagaimana diatur dalam PO Nomor 006-PO/DPP-NasDem/IX/2019 tentang Pilkada tahun 2020.

Ketua Panitia Penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Partai NasDem Kepulauan Sula, Idham Panigfat menyebut, tercatat 9 orang yang mendaftar untuk mengambil Formulir Bakal Calon Kepala Daerah.

Baca Juga  Kapolres himbau masyarakat jaga kamtibmas

Dari 9 orang ini hanya 8 orang yang mengembalikan Formulir yang telah diisi kepada Panitia Penjaringan. Dari 8 orang itu hanya 4 Orang Bacalon Kepala Daerah yang mengembalikan berkas secara langsung.

Sementara 4 orang lainnya diantara oleh Liaison Officer (LO). Sedangkan yang hadir saat penyampaian Visi Misi pada 31 Oktober 2019 yang bertempat di Hotel Beliga itu sebanyak 5 orang, yakni : Dra. HadjijaH Tukuboya, M.Si, Asrul Gailea, SE, MM, Hendrata Thes, . Ir. H. Ismail Kharie, dan Mukhlis Fataruba, S.Sos.

Selanjutnya untuk pada tgl 2 November 2019, dilakukan Pleno Penetapan Usulan 3 nama sebagaimana yang diatur dalam PO Pilkada Partai NasDem.

Sementara itu, Sekretaris DPD NasDem Kepulauan Sula Idzi Asrul Tabona, ST mengatakan, DPD NasDem Sula berhak mengusulan 3 orang Bakada ke DPP melalui DPW Partai NasDem Maluku Utara.

Idzi mengatakan, setelah mempertimbangkan aspek Umum dan aspek khusus serta pengusaan problema daerah dan solusinya, faktor model kepemimpinan serta kompetensi dan komitmen kepada rakyat dan partai NasDem.

Baca Juga  Gelar Demonstrasi, Garda Maluku Desak Kapolda dan Kejati Tangkap Bupati SBB

“Dari berbagai pertimbangan itulah kemudian dalam pleno DPD memutuskan 3 nama yakni : Asrul Gailea, SE, MM ; Dra. Hadjijah Tukuboya, M.Si; dan Hendrata Thes,” tukasnya.

“Sedangkan yang mendaftar sebagai WAKIL KEPALA DAERAH sebanyak 6 orang, namun yang mengembalikan berkas hanya 3 orang,” sambung Idzi.

Ia menyebutkan berkas ketiga bakal calon tersebut setelah di Verifikasi Tim Penjaringan dinyatakan lengkap.

Untuk itu ketiga Bakal Calon tersebut ditetapkan dalam Rapat Pleno DPD untuk diusulkan Kepada DPP Partai NasDem melalui DPW NasDem Malut sebagai Bakal Calon Wakil Kepala Daerah tahun 2020 antara Lain : Irfan Umasugi, SE, Hi. Husni Sanaba, M.Mart, Eng dan Hi. Ismail Umasugi.

Untuk bakal calon yang dinyatakan tidak lolos dalam 3 besar pun berkasnya disampaikan ke DPP.

Baca Juga  Bertambah 23 Kasus, Pasien Positif Covid-19 di Maluku Utara Jadi 77 Kasus. 8 Sembuh, 3 Wafat

“Untuk proses selanjutnya kami serahkan ke DPW Partai NasDem Malut dan DPP Partai NasDem,” ujar Idzi. (if/raka)