Negeri Rutong dan Negeri Amahusu Raih Trophy Proklim Utama Tahun 2021 dari KLHK

oleh -26 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Kota Ambon kembali berbangga dengan diterimanya Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Selasa (19/10/2021).

Negeri Rutong dan Negeri Amahusu berhasil mendapatkan Trophy Proklim Utama yang diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. secara virtual dan diterima Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, Roy Syauta.

“Tadi Ibu Menteri menyerahkan penghargaan Trophy Proklim Utama kepada Kampung Iklim Negeri Rutong yang diketuai oleh Nona Telapary dan Kampung Iklim Negeri Amahusu yang diketuai Kesya Tulalessy. Penghargaan diserahkan secara virtual  kepada Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Maluku,” jelas Plt Kadis Lingkungan Hidup dan Persampahan Kota Ambon, Alfredo Hehamahua, Selasa (19/10/2021).

Baca Juga  Turki dan Macedonia Utara Tersingkir, Portugal dan Spanyol Berpeluang Menyusul

Selain Trophy Proklim Utama, 7 Negeri/Desa/Kelurahan di Kota Ambon juga menerima Sertifikat Proklim Utama. 7 Negeri itu yaitu Naku, Hukurila, Batu Gajah, Passo, Negeri Lama, Hatiwe Besar dan Soya. “Untuk penerimaan Sertifikat Proklim Utama, tadi ditampilkan saja,”terangnya.

Plt Kadis menambahkan, Pemerintah Kota Ambon, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan mengusulkan 10 Negeri/Desa/Kelurahan untuk dinilai dalam Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) 2021. Tetapi yang berhasil mendapat trophy Proklim Utama ada 2 Negeri, Sertifikat Proklim Utama 7 Negeri/Desa/kelurahan, sedangkan untuk Waehaong masuk kategori Madya.

Kadis mengakui, dengan capaian ini, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, memberikan apresiasi yang luar biasa bagi semua Negeri/Desa/Kelurahan yang sudah mengikuti penilaian dan memberikan atensi kepada proses penyerahan tropy serta mendorong pencapaian Proklim Lestari.

Baca Juga  Cipratan Dana Pinjaman PEN Maluku yang Menuai Kritik Wakil Rakyat

Untuk penyerahan Trophy Proklim Utama secara langsung, dirinya mengatakan, secepatnya. Saat ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi sedang berkoordinasi dengan pihak Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Maluku Papua untuk kepastian tanggal. Dan diharapkan agar Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Laksmi Dhewanthi, dan Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Maluku Papua bisa menyerahkan langsung di Ambon.

“Direncanakan saat Trophy Proklim Utama datang, akan ke kantor Gubernur dulu. Kemudian akan diserahkan ke Negeri Rutong dan Amahusu. Sekaligus menyerahkan Sertifikat Proklim Utama kepada tujuh negeri/desa/kelurahan,” tandasnya. (nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.