Orang Jepang Melepas Kantuk Dengan Cara Inemuri, Bisa Dilakukan Dimana Saja

oleh -64 views
Link Banner

@porostimur.com | Jepang: Jepang terkenal dengan kepadataan rutinitas yang dijalani warganya. Mitos jika mereka tidak pernah tidurpun, bermunculan. Tentu ini disangkal orang Jepang.

Mereka juga tidur, dengan cara yang berbeda. Seperti kenyataan yang ditemukan Dr Brigitte Steger, pengajar senior Studi Modern Jepang dari Universitas Cambridge, Inggris ini.

Dijabarkan Steger, mengenal kebiasaan tidur orang Jepang dikenalnya pada tahun80-an. Ketika itu ledakan ekonomi terjadi di Jepang.

Dilansir serumpi.com, kehidupan masyarakatnya sangat hectic kala itu. Jadwal sehari-hari mereka dipenuhi dengan pekerjaan dan hiburan.

Link Banner

Karena itu, waktu tidur yang mereka miliki tidak panjang. Sebenarnya mereka mengeluh, tentang padatnya rutinitas kerja di Jepang. Tetapi seperti diberitakan jawapos.com, disampaikan Steger, keluhan itu sejujurnya mengandung kebanggaan.

Baca Juga  Polda Malut Apel Gelar Pasukan, “Operasi Patuh Kie Raha 2019”

Jadi, kapan mereka tidur? ”Kapan saja dan dimana saja,” ulas Steger. Jawaban itu didapat Steger, karena melihat kenyataan dimasyarakat.

Steger sering menemukan orang-orang tertidur di tempat umum. Hal biasa, jika menemukan orang Jepang tidur di stasiun bawah tanah, di taman, atau ditempat pemberhentian bus, bahkan di trotoar.

Tidak hanya duduk, sebagian malah tidur sambil berdiri. Dan, tidak ada seorang pun yang terkejut dengan keadaan itu,” ucap Steger.

Dijelaskan Steger, masyarakat Jepang lebih toleran bila melihat orang tidur di tempat umum yang disebut dengan inemuri. Bukan sekadar tidur ayam, tetapi mereka memang tidur, layaknya kita tidur di tempat tidur.

Baca Juga  Tetap Gunakan Obat Malaria untuk COVID-19, Media Asing Soroti Indonesia

Ini kenyataan yang bertolak belakang. Image positif dari pekerja yang tidak tidur malam dan tidur sejenak menjelang pagisepertinyadiizinkan” untuk ber-inemuri,” katanya.

Jadi, orang-orang Jepang bisa tidur dimana saja, di dalam transportasi publik, saat rapat, di dalam kelas, dan saat sedang mengajar. (red)