Pelayanan Publik di Maluku Tidak Maksimal Karena Pemimpin Tidak Punya Aura Inovasi dan Kreatifitas

oleh -85 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Beberapa hari lalu Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Diah Natalis datang ke Maluku dan melakukan evaluasi terhadap pelayanan publik.

Ternyata bagi Diah, pelayanan publik oleh Pemerintah Provinsi Maluku dinilai tidak maksimal.

Menanggapi hal itu, Akademisi Universitas Pattimura Ambon, Drs Victor Ruhunlela, M.Si mengatakan, pelayanan publik yang baik dan benar itu tergantung kepada pemimpin, karena pemimpin yang tidak memiliki kemampuan untuk berinovasi dan berkreatifitas maka dipastikan pelayanan kepada publik pun tidak maksimal.

Pelayanan publik yang paling terendah dalam sebuah pemerintahan ada pada tingkat kecamatan dan bukan saja tahun ini Maluku mendapat predikat seperti ini, tapi persoalan pelayanan publik yang tidak maksimal ini sudah dari tahun ke tahun.

Link Banner

“Karena itu kalau tahun ini dibilang pelayanan publik di Maluku tidak maksimal itu tidak perlu kaget,” tandas Ruhunlela.

Baca Juga  Melaut sejak Jumat subuh, Tomia belum kembali

Lanjut Ruhunlela, sebagai pemimpin di Maluku, gubernur harusnya memiliki kemampuan kreatifitas untuk menciptakan inovasi -inovasi baru guna menciptakan pelayanan publik yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat yang ada di Maluku dan harus didukung dengan fasilitas pendukung lainya.

“Sebagai pemimpin saat ini mestinya memberanikan diri untuk mengalihkan sebagian pelayanan publik di tingkat kelurahan dan desa sehingga pelayanan kepada masyarakat tidak tertumpuk pada tingkatan pemerintahan tertentu,” saran Ruhunlela.

Di tempat terpisah salah satu Anggota DPRD Provinsi Maluku Saudah Tuankotta/Tethool mengatakan pelayanan publik di Maluku yang tidak maksimal akan menjadi perhatian DPRD Provinsi Maluku.

“Akan dikordinasikan dengan Pemeritah Daerah Provinsi Maluku khususnya Sekda Maluku Kasrul Selang untuk menata kembali pelayanan publik guna melayani masyarakat dengan baik,” ujarnya. (olof)