Pelupessy : Lemah otot disebabkan Tomia olahraga tanpa minum air

oleh -36 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Kelelahan akibat berolahraga serta tidak mengkonsumsi ar putih, menjadi penyebab utama insiden lemah otot yang menimpa siswa Yayasan Al-Madinah, Rudy Tomia, Sabtu (20/10) kemarin.

Penyebab utama lemah otot yang menimpa Tomia ini, baru terungkap setelah adanya pemeriksaan medis oleh dokter dibarengi dengan pemeriksaan laboratorium.

Saat berhasil dikonfirmasi wartawan, di Ambon, Senin (22/10), hal ini dibenarkan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy.

Menurutnya, suntikan imunisasi Measless Rubella (MR) bukanlah penyebab Tomia mengalami lemah otot.

Link Banner

”Intinya bukan soal imunisasi MR, tetapi dari hasil pemeriksaan oleh dr. Roby dokter anak dan hasil laboratorium, anak tersebut kelelahan karena olahraga dan kurang minum air. Sehingga, terjadi kekurangan Kalium dan mengalami kejadian itu,” ujarnya.

Baca Juga  Tim P4GN Kodam Pattimura Gelar Tes Urine

Dari hari ke hari, akunya, virus dan kuman dapat menyerang kesehatan anak-anak.

Untuk itu, jelasnya, pemerintah menggulirkan imunisasi yang aman secara nasional kepada anak-anak usia sekolah.

Meski demikian, tegasnya, dengan adanya pemberitaan dimaksud akan berdampak pada program yang sedang dijalankan secara nasional.

Diharapkannya, media massa pun membantu pemerintah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program nasional tersebut, karena semata-mata untuk menyelematakan generasi muda bangsa.

”Dengan berita ini sama saja menjatuhkan masyarakat Kota Ambon. Apalagi, kalau beritanya belum tentu benar. Ini akan menjadi masalah nasional juga. Saya tidak tahu langkah selanjutnya seperti apa, terkait pemberitaan ini. Sebenarnya, masalah imunisasi KIPI ini menyangkut pemberitaan, bukan kewenangan saya, mestinya dari Komda KIPI. Dan ini harus berdasarkan uji laboratorium, karena ini masalah nasional. Ini program nasional bukan program Kota Ambon. Jadi, semua berita dilaporkan ke pusat,” pungkasnya. (vanessya)