Penyakit Usia 40 Tahun ke Atas yang Perlu Diwaspadai Perempuan

oleh -60 views

Porostimur.com, Ambon – Ada beberapa penyakit usia 40 tahun ke atas yang perlu diwaspadai perempuan. Sebab, sebagai perempuan, risiko kesehatan akan berubah seiring berjalannya waktu.

Apa yang menjadi perhatian pada usia 20-an belum tentu menjadi perhatian pada usia 40. Karena itu penting untuk mengetahui penyakit apa saja sebagai bentuk pencegahan.

Berikut penyakit usia 40 tahun ke atas yang perlu diwaspadai perempuan.

1. Mioma Rahim

Perempuan berusia di atas 40 tahun berisiko tinggi mengalami mioma rahim yang tidak disadari hingga muncul gejala serius. Gejala mioma rahim meliputi pendarahan haid yang banyak dan lama, serta haid tidak teratur.

Biasanya mioma besar menekan kandung kemih atau usus. Bahkan dapat mengalami degenerasi yang menyebabkan nyeri. Mioma tidak bisa hilang dengan pemberian obat yang diminum atau dioleskan ke perut.

Baca Juga  Ketika Gerakan Kiamat Cengkeram Kaum Muda Timur Tengah

“Mioma kemungkinannya akan mengecil saat menopause. Saat ini, operasi untuk pengangkatan mioma merupakan satu-satunya cara untuk menghilangkan mioma. Teknologi laparoskopi jadi pilihan utama pada kista, mioma, dan kanker stadium awal,” kata Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi National Hospital Indonesia dr Robert Hunan Purwaka, Sp.OG di Jakarta, Rabu (8/3/2023).

2. Gangguan Haid

Gejala gangguan haid antara lain haid tidak teratur, banyak darah keluar, hingga perdarahan bercak. Ada beberapa penyebab yang memicu kondisi ini. Mulai dari stres, gangguan hormonal, kelainan polip, kista indung telur, mioma rahim, hingga kanker.

No More Posts Available.

No more pages to load.