Perbandingan Honda City vs Toyota Vios

oleh -19 views
Link Banner

Porostimur.com – Jakarta: Mobil sedan memang menawarkan kenyamanan dan kemewahan. Karena itu wajar jika harganya cenderung lebih mahal dibandingkan mobil jenis lain, seperti sport utility vehicle (SUV) atau multi purpose vehicle (MPV).

Selain itu pajak mobil sedan juga cenderung lebih mahal. Karena alasan ini banyak orang lantas berpikir ulang saat ingin membeli sedan. Padahal gak selamanya sedan itu mahal dan pajaknya tinggi, lho. Ada beberapa compact sedan yang harganya relatif murah, seperti Toyota Vios dan Honda City.

Kedua mobil ini saling head to head di pasar sedan Indonesia. Keduanya layak kamu pertimbangkan jika sedang mencari mobil sedan. Yuk, kita beda apa saja keunggulan dan kekurangan Toyota Vios dan Honda City!

1. Desain Toyota Vios dan Honda City

Perbandingan Honda City vs Toyota Vios
toyota vios (instagram.com/vios4896)

Bagi sebuah sedan, desain adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan jika ingin membelinya. Untuk Honda City, punya desain khas honda kekinian, pada bagian bumper dan grill telah mengadopsi desain Solid Wing Face. Ditambah penggunaan lampu utama LED DRL yang membuat tampilannya semakin mewah, termasuk pemakaian pelek dual-tone berukuran 16 inci yang dibalut dengan ban Bridgestone Turanza membuat tampilan mobil semakin tampan. 

Sementara rivalnya Toyota Vios hadir dengan wajah baru yang biasa di sebut model (Joker) menjadikan tampilannya lebih sporty. Desain ini juga dipakai di toyota yaris, dan untuk perlampuan juga sudah mengadopsi LED DRL, Untuk bagian pelek menggunakan ukuran 16 inci dual-tone gun metal dengan ban Bridgestone Turanza. 

Baca Juga  Sudah Saatnya Maluku Utara Minta PSBB

2. Fitur

Perbandingan Honda City vs Toyota Vios
ilustrasi honda city (instagram.com/chyrusdhabhar)

Walaupun keduanya masuk dalam sedan kecil atau terendah di kelas sedan, namun fitur-fitur yang ada di dalamnya tidak dapat diremehkan. 

Untuk memberi rasa aman dan nyaman Honda City hadir dengan berbagai fitur, seperti sitem pengereman yang sudah menggunakan teknologi (ABS, EBD, dan BA) yang membantu pengemudi dalam mengontrol laju mobil. Fitur lainya yaitu Dual Frot SRS Airbags, Pedestrion Protection, ISOFIX , Tether dan Vehicle Stability Control System untuk melindungi pengemudi dan penumpang pada saat terjadi kecelakaan. 

Tak mau kalah Toyota Vios juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur seperti. Airbag 7 titik. Selain itu, vios juga mendapat fitur Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS). Mobil ini juga dilengkapi dengan 3 point seatbelt pada semua kursi penumpang, dan ISOFIX.

3. Spesifikasi mesin

Perbandingan Honda City vs Toyota Vios
toyota vios nampak samping (instagram.com/vios4896)

Untuk mesin keduanya sama-sama memakai mesin 1500 cc. Untuk Honda City menggunakan mesin berkode L15A SOHC i-VTEC 1.500 cc, yang dapat menghasilkan tenaga mencapai 118 dk pada 6.600 rpm serta torsi maksimal 148 Nm pada 4.600 rpm. 

Baca Juga  OJK & Disperindag Maluku Serahkan Bantuan Beras dan APD kepada Gustu Covid-19 Maluku

Tak mau kalah toyota vios, hadir  dengan mesin baru berkode 2NR-FE DOHC Dual VVT-i 1.496 cc, yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 107 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 140 Nm pada 4.200 rpm. 

4. Dimensi mobil

Perbandingan Honda City vs Toyota Vios
toyota.astra.co.id

Bicara soal dimensinya, kedua mobil tergolong ramping. Untuk Honda City memiliki panjang total 4.442 mm, lebar 1.694 mm, dan tinggi mencapai 1.477 mm sementara wheelbase-nya 2.600 mm.

Untuk rivalnya Toyota Vios juga punya dimensi yang hampir sama, dengan panjang keseluruhan 4.425 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.500 mm untuk wheelbase 2.550 mm. 

5. Perbandingan harga

Perbandingan Honda City vs Toyota Vios
honda city nampak belakang (instagram.com/chyrusdhabhar)

Untuk harganya, honda Indonesia hanya menjual satu varian Honda City pada tahun ini sementara Toyota Vios menyediakan 2 pilihan varian, masing-masing dengan transmisi manual dan otomatis dan berpenggerak roda depan (FWD). 

Baca Juga  Enterpreneur Muda Kota Ambon Terima Apresiasi Modal Usaha

Harga Toyota vios :

  • Toyota Vios E Manual Rp. 242.500.000
  • Toyota Vios E Otomatis Rp. 252.000.000
  • Toyota Vios G Manual Rp. 259.900.000
  • Toyota Vios G Otomatis Rp. 272.500.000

Harga Honda City : 

  • New City E Manual Rp. 275.000.000
  • New City E Otomatis Rp. 290.000.000

Itulah perbandingan keduanya. Nah, sekarang pilihan ada pada kalian ingin memilihToyota Vios atau Honda City?

(red/idn-times)

No More Posts Available.

No more pages to load.